Sunday, March 16, 2014

Endometriosis: Pengobatan Alternatif

Sebelumnya: Endometriosis Pemicu Gejala dan Pengobatannya.  

Berbagai penelitian telah berupaya unutk memerangi penyakit mematikan ini. Seperti dikutip dari endocenter.org, alternatif pengobatan unutk endometrium antara lain sebagai berikut:

Pengobatan Herbal

Mereka melakukan penelitian terhadap pengaruh konsumsi beberapa tanaman herbal seperti Blue Cohosh, Cranberry, Plantain, St. JohnÂ’s Wort, Peppermint, Valerian, Dong Quai, False Unicorn, Evening Primrose Oil, Chasteberry/Vitex, Black Cohosh, Uva Ursi, Couchgrass, Red Raspberry, Yam, and White Willow. Di indonesia juga banyak informasi mengenai aplikasi temu putih kepada penderita endometriosis.


Akupunktur

Penyisipan jarum tipis pada berbagai titik dalam kulit diklaim dapat membantu perempuan yang menderitaendometriosis, kram menstruasi, dan nyeri pasca operasi. Menurut filsafat Cina, hasil kesehatan yang baik sebagai keseimbangan dan freeflow dari ChÂ'i melalui  "meridian, Â" sementara penyakit adalah ketidakseimbangan, stagnasi, atau obstruksi dari ChÂ'i pada  "meridian.Â" Penempatan jarum pada berbagai titik dihubungkan oleh meridian diyakini untuk mengembalikan keseimbangan dan aliran ChÂ'i. Hal ini diduga akan menghilangkan gejala dan mengurangi rasa sakit. Akupunktur tidak tersedia secara nasional.  

TENS Electroteraphy:
Stimulasi saraf listrik adalah teknik untuk mengontrol rasa sakit di mana sebuah mesin kecil melakukan arus listrik melalui elektroda yang ditempatkan pada daerah yang sakit. Ketika berhasil, nyeri sering sangat cepat. Pasien juga dapat membeli unit portabel untuk digunakan setiap kali ada serangan nyeri.

Shiatsu

Sebuah teknik tekanan jari dari Jepang ini mirip dengan pijat, Shiatsu merangsang Ki (yang sama dengan ChÂ'i) untuk menyeimbangkan freeflow dan dengan demikian menghilangkan rasa nyeri. Terapis mungkin juga meresepkan latihan di rumah yang harus dilakukan bersama dengan perawatan Shiatsu.
 
Latihan/Exercise

Latihan adalah pereda stress, peredam nyeri, dan depresi. Hal ini juga memberikan manfaat yang jelas seperti kontrol berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung. Mencari bantuan dari seorang profesional terlatih yang akrab dengan kondisi Anda dan bekerja di luar rejimen paling cocok untuk kebutuhan dan kemampuan Anda. Misalnya, berenang dan berjalan dua low-impact, latihan easy-to-do yang bisa dilakukan oleh hampir setiap individu.
 

Biofeedback Ini melibatkan mengubah proses tubuh seperti detak jantung, aktivitas otot, suhu kulit, dan aktivitas gelombang otak. Hal ini dilakukan melalui penggunaan elektroda menempel pada kulit yang mengkonversi fisiologis, kimia atau perubahan listrik menjadi sinyal pendengaran atau visual. Anda diajarkan untuk mengubah tanggapan dengan santai dan memvisualisasikan perubahan. Biofeedback paling efektif jika dikombinasikan dengan teknik relaksasi lainnya.
Terapi Homeopati
Homeopati merangsang dan meningkatkan mekanisme penyembuhan dalam tubuh melalui dosis beberapa menit dari pengobatan alami pada orang sehat . Mereka percaya  " seperti obat  "
OsteopathyOsteopati percaya Endometriosis dapat dikurangi dengan memperbaiki masalah struktural melalui manipulasi otot , ligamen dan tulang.
Pengobatan Chiropractic
Hal ini berbeda dari pengobatan osteopathic dalam Chiropractors dipercaya penyakit ini dapat dikurangi dengan memperbaiki dislokasi (subluxations) dalam sistem muskuloskeletal saja.

Naturopati
 " Nature Cures " adalah keyakinan di balik sistem ini. Ini adalah praktek yang hanya didasarkan pada metode alami penyembuhan. Ini termasuk (sering dalam kombinasi) puasa, vitamin dan mineral, terapi warna, colonics, hidroterapi, herbal, latihan pernapasan, latihan fisik, pijat, manipulasi sendi, dan akupunktur.
Beberapa lisensi Dokter Naturopath juga dapat melakukan operasi kecil. Sekali lagi, karena dengan program terapi, Anda harus berkonsultasi dengan tepat, dengan pihak berlisensi kesehatan
profesional.
Diet
Diet dan gizi sebagai sarana pengelolaan tidak hanya endometriosis, tetapi sebagai manfaat kesehatan secara keseluruhan, telah diadopsi secara luas melalui komunitas pasien. Untuk itu, perempuan dan anak perempuan dengan endometriosis menderita banyak alergi makanan dan dapat menemukan gejala mereka diperburuk oleh pilihan makanan yang tampaknya tidak berbahaya. Sebagai contoh, bahkan pilihan sederhana seperti roti bisa menjadi masalah (misalnya karena intoleransi gluten, misalnya) di mana makanan lain dapat menyebabkan peningkatan aktivitas inflamasi (misalnya, karena aditif dan kotoran).
Dalam arti sepintas, diet sebagian besar terdiri dari protein rendah lemak, asupan buah-buahan dan sayuran segar tanpa pengolahan, pilihan natrium rendah atau tanpa lemak, rendah gula dan sirup jagung fruktosa tinggi dan stabilisator lainnya semuanya telah direkomendasikan. Salah satu sumber untuk lebih menjelaskan tentang topik ini adalah buku Dian Shepperson MillsÂ, Â " Endometriosis : Penyembuhan melalui Nutrition.Â" Seiring waktu, pasien telah mengalami pergeseran dan penurunan gejala yang berkaitan dengan kotoran, toksisitas, paparan lingkungan dan sejenisnya yang semua bisa mendatangkan malapetaka pada respon hormonal dan kekebalan tubuh melalui pilihan makanan. Pendekatan diet juga dapat bekerja dengan baik untuk meringankan gejala terkait pencernaan/GI.

Untuk info yang cukup lengkap mengenai endometriosis dalam bahasa Indonesia, dapat di download melalui link berikut ini. 

 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<