Tuesday, June 24, 2014

Karena 'Beransel' Itu Seksi

Dear Mom and Dad, sepertinya saya harus mengamini sugesti akan munculnya berbagai give away sebagai sarana curhat lainnya setelah ini. Mom dan Dad, seperti yang kalian tahu, saya ingin sekali mengikuti ekskul Pecinta Alam (PA) sejak SMA. Tapi kalian tidak pernah mengizinkannya. Hingga akhirnya saya mengikuti ekskul yang ‘agak dekat dengan alam’ lainnya. Saya ikut PMR yang pada akhirnya bisa mengantarkan saya pergi ke Sumatera Barat untuk penanganan pasca bencana gempa dan tsunami beberapa tahun lalu. Ingat bagaimana beratnya kalian melepaskan saya pergi ke lokasi bencana?

Semasa kuliah, saya mengikuti organisasasi di bidang jurnalisme agar saya bisa mengekspresikan diri bukan hanya di majalah dinding sekolah seperti dulu. Mom dan Dad tidak pernah suka saya menjadi wartawan. Tapi saya sangat bergairah. Dengan menulis, saya bisa berkespresi, berbagi, dan bertemu dengan banyak orang yang sangat heterogen. Dengan menulis, saya bisa jalan-jalan. Bukankah dulu kalian tidak mengizinkan saya ikut PA? Maka hal-hal yang mendekatkan diri saya dengan para PA inilah yang saya kejar. Meskipun kami kerap berbagi peran, mereka bertualang, dan saya yang menuliskan atau sekedar mendengarkan kisah mereka. Sesekali saya juga sering ikut mereka jalan-jalan. Tentunya kalian tidak tahu seberapa susah medan juang yang saya lewati untuk mencapai puncak bukit, gunung, atau sekedar menginjakkan kaki di pulau yang masih perawan.
Menyusuri tebing-tebing karst untuk mencapai pantai-pantai eksotis di Selatan Yogyakarta


Selepas kuliah, saya sangat tidak ingin melamar pekerjaan. Bukan saya tidak butuh uang dan membahagiakan kalian. Saya, kan, selalu berusaha menorehkan prestasi dalam hal apapun yang saya tekuni. Tapi untuk pekerjaan... ah, rasanya saya enggan berpakaian rapi untuk sekedar wawancara dan bersikap sok manis di depan atasan. Apalagi setelah itu saya harus tunduk pada aturan dan digaji untuk setiap keringat yang saya keluarkan.

Oleh sebab itu, saya selalu ingin kuliah lagi. Bukan dengan uang kalian tentu saja. Saya sudah terlalu banyak merepotkan. Maka saya selalu berburu beasiswa. Sembari menunggu dan memperluas jaringan, saya beraktivitas di sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Ah, sebenarnya saya tidak suka menyebutnya LSM, banyak orang berpikiran buruk tentang LSM, termasuk kalian. Maka saya menyebutnya, Non-Government Organization (NGO).

NGO yang menaungi semua keinginan dan harapan saya itu memang bergerak di bidang lingkungan hidup. Dan tahukah Mom, Dad, isinya kebanyakan adalah para anggota PA. Wah, saya senang sekali bisa bekerjasama dengan mereka yang selalu bersemangat dan berjiwa muda. Kami beraktivitas di masyarakat, memungut sampah, bernegosiasi di gedung DPR, menjelajah pulau, sampai mendaki gunung. Ya, akhirnya saya bisa mendaki gunung. Saya belajar banyak dari mereka. Belajar bagaimana survive di hutan, bagaimana berinteraksi dengan manusia, hewan, dan tumbuhan, dan sebagainya.

Lihat! Itu di belakangku ada Tanjakan Cinta yang melegenda
Rupanya Tuhan memang menakdirkan saya untuk selalu dekat dengan alam. Hingga awal bulan ini, saya berhasil menggapai Semeru. Meski belum sampai Mahameru karena ada orang hilang sehingga kami diperintahkan untuk turun dan pendakian di tutup. Saya sangat suka mendaki gunung, Mom, Dad. Itu adalah sarana saya untuk selalu bersyukur, berinteraksi dengan sesama, sekaligus menyeimbangkan jiwa dan raga. 

Mom, Dad, katanya cewe yang menggendong ransel itu seksi dan banyak dicari. Maka saya ingin mendapatkan kesempatan untuk bertualang lagi dan lagi. Kalian percaya ,kan, saya sudah bisa menjaga diri? Insyaa Allah dengan ridho dari kalian, Allah juga selalu mencurahkan ridho-Nya untuk saya.

Artikel ini turut berpartisipasi dalam "3rd Giveaway : Tanakita - Hobi dan Keluarga". 

2 comments:

  1. terima kasih untuk partisipasinya. Sesuai syarat dan ketentuan, untuk banner diletakkan di side bar, ya. Dengan link hidup ke web Tanakita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak. Menyusul segera klo inetnya oke :D

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<