Saturday, March 21, 2015

Lupus Klasik #1: De-Ja-Vu


Sebelumnya: lifestyle.kompasiana.com


Apa, sih, Lupus?

Bagi adek-adek yang belom tau, atau Om-Tante yang pura-pura amnesia, sini saya ingetin lagi sama Lupus. Jadi, Lupus adalah sosok pemuda yang jadi trend setter sejak tiga puluh tahun silam (ngga ditulis angkanya biar nggak keliatan terlalu banyak). Dia adalah tokoh fiksi dalam serial novel berjudul sama karangan Hilman Hariwijaya. Novel Lupus pertama diterbitkan pada tahun 1986 berjudul Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak. Nah, konon judul itu terilhami oleh film yang tenar pada masa itu, Kejarlah Daku Kau Kutangkap. Dan emang buku-buku yang ditulis oleh Trio Lupus kebanyakan adalah plesetan-plesetan dari apa aja yang lagi kekinian pada masanya.
Trio Lupus? Penyakit apa lagi itu? Eits, itu sebutan untuk gengnya Lupus! Lupus punya banyak teman, ada Anto, Aji, Fifi Alone, Adi Darwis, Gito, Iko-iko, Pepno, Happy, Uwi dan masih banyak lagi. Tapi ada dua orang yang paling lengket sama Lupus, mereka adalah Gusur dan Boim. Maka mereka suka kemana-mana bertiga udah kayak cover boy kemasan korek api.

Hasil gambar untuk lupus serial
wikipedia
Adeknya yang lucu dan mungil namanya Lulu. Mereka tinggal bertiga dengan Mami-nya yang jualan Kue sejak Papinya, Pak Mulyadi, meninggal dunia sejak Lupus duduk di bangku kelas 1 SMA Merah Putih. Maminya namanya Anita. 

Meski pun yang sering bangga dan ngaku-ngaku sebagai playboy adalah Boim, tapi nyatanya Lupus juga nggak kalah, loh. Pacarnya ada si Poppy, Rina, Happy, dan Nessa. Belom lagi yang cuma di-flirting-in doang.

Emang banyak yang lengket sama Lupus. Mungkin karena dia suka banget ngunyah permen karet. Rambutnya rela dia buat gondrong biar mirip John Tylor-nya Duran-Duran. Band kece pada waktu itu.

Menurut Pengakuan Hilman, novel Lupus-nya udah ada sekitar seratus judul. Sampe-sampe dia lupa sendiri. Judul-judulnya ada Tragedi Sinemata (Oktober 1987); Topi-topi Centil (Maret 1988); Bangun Dong; Lupus (Agustus 1988); Sandal Jepit (Juni 1989); iiih, syereem! (Juli 1990); Idiiih, Udah Gede (Desember 1990); Drakuli Kuper (iiih, Syereem Part 2)(Maret 1992); Lupus ‘n Work (Maret 1994); Interview With The Nyamuk(Mei 1995); Yang Paling Oke (September 1995); Cowok Matre (Juni 1996); Mission: Muke Tebel (Maret 1997); Gone With The Gossip (Oktober 1997); The Lost Boy: Salah Culik (1998); Kutukan Bintik Merah (1998); Krismon (1998); Sereeem (1999); Boys Don’t Cry (1999); Bunga Untuk Poppy (2000); Candlelight Dinner (2000); Lupus Milenia 1 – Boneka Ditaman Sekolah (2001); Lupus Milenia 2 – BeTe (2002), dan lain-lain. Untuk versi buku ini emang udah banyak, mulai dari serial klasik, milenia, dan Lupus Cilik.
  
Lupus dari Masa ke Masa
Ini Lupus jamanku (foto: s15.postimg.org)

Saya tau Lupus bukan dari novelnya. Saya justru keranjingan sama sinetronnya. Waktu itu kalo nggak salah adanya di Indosiar. Jaman-jaman saya masih eSDe tahun 2000-an akses saya terhadap novel masih kurang. Tapi saya udah sering baca Kawanku dan sering ngupingin radio. Jadi emang udah kekinian dari dulu. LOL.

Sewaktu workshop bareng Trio Lupus itulah saya baru tahu kalo Lupus udah ada dari dulu. duh, kemane aje?! Katanya kekinian tapi nggak gaul! Jadi awalnya film Lupus  diperankan oleh Hilman Hariwijaya en de geng sendiri. Kemudian ada film versi (alm) Ryan Hidayat, (alm) Nike Ardila, Karina Soewandy, dkk. Ada lagi Lupus versi Oka Sugawa di Indosiar. Tapi saya nggak begitu inget.

Yang lekat banget diingatan saya dulu pemeran Lupus di tivi ada Irgi A. Fahrezi (Lupus), Mona Ratuliu (Popi), Fanny Fadilah (Boim), Fahmi Bo (Gusur)  dan yang jadi Lulu saya yang agak bingung, apakah Nia Paramita atau Agnes Monica (or Mo, whatever). Kalo nggak salah inget ditayangin sore, jadi sempet nunda tugas buat nyuci piring dulu demi nonton Lupus. Haha...

Tapi kalo menurut video di www.youtube.com, LUPUS MILENIA adalah sinetron remaja yang pernah ditayangkan di Indosiar tahun 2000. Dibintangi oleh: Irgi Fahrezi, Agnes Monica, Mona Ratuliu, dkk. Produser: Hilman Hariwijaya. Sutradara: Key Mangunson. Entahlah, yang jelas dulu saya sangat menikmati dan rela nungguin tayangnya.

Nah, belom lama ini ada lagi Lupus the Movie yang diperankan oleh Miqdad Addausy dan Acha Septriasa (Popi). Katanya, tahun depan bakal lahir lagi serial Lupus. Tapi nggak ditulis oleh Trio Lupus. Nah kok bisa? Iya, para penggemar Lupuslah yang akan menuliskan imajinasi mereka tentang sosok-sosok di dunia Lupus. Can't wait!
 

Ini penampakan Lupus dari masa ke masa:

Tahun 1980-an (foto: jejakandromeda.com)
Era 2013-an

Februari 2015


Selanjutnya:

1 comment:

  1. Dulu jaman ane SMP sinetron lupus tayang di Indosiar sebelum yg edisi Lupus Milenia. Pemeran lupus wktu itu Oka Sugawa. Menurut ane itu yang paling bagus.
    :)

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<