Friday, February 26, 2016

4 PEMPEK ENAK DI KALIANDA




pempek enak di lampung kalianda
Foto: Pempek Belle

Menjadi bagian dari Sumatera Bagian Selatan membuat Lampung juga memiliki kekhasan yang mirip dengan Provinsi Sumatera Selatan. Termasuk untuk urusan makanan. Makanya, pempek juga sangat menjamur di Lampung. Perkembangan industri pempek di Lampung juga nggak bisa dianggap remeh. Sekarang sudah mulai banyak Pempek asal Lampung merambah kota-kota lain bahkan luar negeri. Padahal owner-nya aja belum pernah ke luar negeri.

Sebagai serambi Sumatera, kota kecil Kalianda menjadi bagian yang serius menggarap sektor pariwisatanya. Sebagai dampaknya, oleh-oleh dari Kalianda semakin banyak dan berkembang. Sebut saja pletekan yang mirip pilus, tapi beda. Mirip snack asal Banjarmasin tapi beda juga. Kalau yang dari Banjarmasin rasanya cenderung manis, kalau pletekkan ini gurih. Next time deh saya bahas pletekan dari Kalianda.

Sekarang saya ingin berbagi tentang pempek paling hits di Kalianda. Hits di sini karena sependek pengalaman saya makan pempek, mereka ini cukup bisa diandalkan dan enggak malu-maluin kalau buat oleh-oleh atau sajian pas ada tamu. Uniknya, empat merek dagang pempek yang saya bagikan di sini terletak di satu jalur. Jadi teman-teman tinggal masuk ke kota Kalianda lewat simpang Masjid Agung yang ada topengnya itu, dan mulailah berpetualang lidah!

1.   Pempek Fania

Warung pempek ini terbilang baru di kawasan Kalianda dan lebih terkenal di kalangan anak sekolah. Pasalnya warung Pempek Fania terletak di depan Koperasi SMP N 1 Kalianda yang juga bersebelahan dengan SMA N 1 Kalianda. Jadi nggak sulit untuk mencarinya.


Melihat dari tampilan warung yang sangat sederhana, mungkin orang yang belum pernah mendapat rekomendasi akan ragu-ragu untuk memborong pempek di sana. Rasa pempeknya tuh enak banget. Empuknya pas. Ikannya pas. Apalagi cukanya, mantap banget.



Harganya juga murah aja, Rp. 1.250 untuk pempek kecil dan Rp. 8.000 untuk pempek kapal selam. Di sini sedia juga tekwan.

Saya pernah beli pempek ini sebagai oleh-oleh ke Bandung. Sayangnya, Pempek Fania memang belum didesain sedemikian rupa untuk dibawa sebagai oleh-oleh. Jadi saya membeli Pempek Fania kemudian menyimpannya di freezer semalaman, baru keesokan harinya saya menembus kemacetan jalanan khas long weekend ke Bandung. Setelah saya freezer semalaman, pempek ini masih aman dinikmati di Bandung meski telah menempuh perjalanan selama 15 jam.

2.     Pempek Belle

Ini pempek yang followernya ribuan di media sosial dan sangat terkenal membawa nama baik Kalianda. Fokus pada internet marketing membuat owner Pempek Belle yang baru berusaia 24 tahun mendesain kemasan khusus untuk pempek yang dijual secara online. Pempek ini dikemas dengan cara divakum, kemudian difreezer dan dikirim dalam kondisi beku dengan dilapisi kertas koran dan desain kotak kemasan yang eye catching.

Untuk urusan teknologi dan modernitas Pempek Belle memang tak diragukan lagi. Meski terbilang baru, kedai Pempek di Jalan Kol. M Rasyid tepat sebelum lampu merah ini ramai diserbu pelanggan. Tidak lain karena keberanian mereka berinovasi. 



Selain pempek, ada juga tekwan, model, lenggang dan aneka minuman yang lucu-lucu. Pempek Belle dihargai mulai Rp. 2.000 sampai Rp. 10.000 dengan paket-paket khusus untuk take away. Ada paket tester, level 1 dan seterusnya. Aneka minuman dan pancake durian juga pastinya tekwan tersedia di sini.

Kalau berkunjung ke Kalianda, jangan lupa mampir ke kedainya yang terletak tidak lebih dari 100 meter dari Pempek Fania.

3.     Pempek Kembar

Dari Kedai Pempek Belle, teman-teman hanya perlu lurus mengikuti jalan besar sampai ketemu Gang Pasar Inpres Kalianda. Terus lurus lagi masuk ke Jalan Kesuma Bangsa. Pempek Kembar letaknya nggak jauh dari pertigaan pasar Inpres tadi. Tempatnya di kiri jalan diapit oleh TK Aisyiah dan JNE.

pempek enak di lampung kalianda

Pempek ini udah cukup lama merajai pasar Pempek di Kalianda. Harganya juga murah. Saya lupa berapa harga pempek kecilnya, tapi untuk kapal selam Rp. 8.000 dan  tekwan Rp. 5.000 aja.

Kalau di sini saya paling suka makan tekwannya. Selain karena murah meriah, rasanya juga enak. Tekwannya komplit dari jamur, lobak, sampaibawang goreng dan udang kering ada semua. Sayangnya warungnya kecil jadi kadang suka harus sadar diri kalau sudah mulai rame.

4.     Pempek Unyil

Teman-teman hanya perlu maju sekitar 100-150 meter lagi untuk mencapai warung Pempek Unyil dari Pempek Kembar. Letaknya di kanan jalan depan Apotek Rajabasa.

Pempek Unyil ini dulu selalu menjadi andalan saya untuk beli oleh-oleh. Pasalnya hanya pempek unyil yang menyediakan kemasan pempek takeaway dengan besek dari bambu. Cute dan ecoist banget kan!

Pempek Unyil ini aman saya bawa berkendara dengan bus lanjut kereta api ke Jogja. Apalagi kalau cuma dibawa ke Bandung. Kalau mau dibawa jauh, tinggal ngomong aja supaya pengemasannya lebih rapi dan dibaluri tepung sagu tani dulu. Untuk urusan harga saya lupa tapi ini tidak lebih dari Rp. 2.000 untuk pempek kecilnya.

pempek enak di lampung kalianda


Sebagai orang yang mendaulat diri sendiri menjadi duta pempek, saya merasa harus membagikan kenikmatan menyantap empat pempek paling ngehits ini kepada teman-teman. Dulu jaman saya SMA masih ada Pempek 21 yang rasanya enak banget nggak perlu diragukan lagi. Tapi sekarang nggak tau pindah kemana. Teman-teman saya yangmenetap di Kalianda pun kehilangan informasi tentang pempek ini. 

Kalau cuma untuk ngumpul-ngumpul sama teman-teman SMA, dulu saya juga mengidolakan slah satu pempek di seputaran Perum Korpri (dekat SMK N 1 Kalianda). Selain murah meriah, pempek dosnya juga enak banget. Tapi sekarang kayaknya udah nggak ada juga.

Ada nggak pempek lain yang enak di Kalianda? Share, dong!

4 comments:

  1. Saya penggemar pempek mak... itu harga pempek Fania yg kecil mahal banget ya 1.250.000? Kebanyakan nol mungkin.
    Tekwan itu apa mak?
    Saya suka bikin cireng dari tepung sagu yg mirip pempek tapi tanpa ikan tenggiri. Sama pakai kuah cuka juga :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kayaknya ngetiknya sambil inget utang >.< Makasih yaaa Maaak :D Semoga kebagian pempek di giveaway saya yah mihihihi

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<