Thursday, February 25, 2016

Martabak Tropica, Martabak Manis Paling Enak di Bandung Juara



martabak enak di bandung martabak tropica

Saya jatuh cinta kepada Kota Bandung sejak sekitar tujuh tahun silam. Waktu itu saya menjalani kerja praktek di LIPI Subang dan membuat saya selalu ke Bandung setiap akhir pekan. Selain udaranya yang sejuk, saya selalu ingin kembali ke Bandung karena di sana makanan enak berlimpah-ruah. Rasa yang selalu enak dengan harga bervariasi memberikan kenyamanan tersendiri bagi saya. Semua bebas pilih sesuai budget.

Long weekend kemarin saya pergi ke Bandung untuk menghadiri acara pernikahan seorang sahabat. Kebetulan sahabat yang menikah itu tetangganya HB dan melalui dialah saya juga bisa kenal HB. Err.. fine, bukan di Bandung sih sebenarnya. Tapi di Cimahi, tetangganya Bandung tapi sepertinya masih sah aja kalau saya bilang Bandung.*udah iyain aja*

Baca juga: The Unforgettable Bandung di Musim Penghujan

Udara dingin dan hujan membuat saya enggan kemana-kemana. Paling hanya nonton film berdua aja. Malas kemana-mana karena hari sebelumnya udah hujan-hujanan dari kampus UNPAD Jatinangor. Kebetulan stok filmnya HB banyak banget dan saya lagi keranjingan nonton drama. Biarlah tontonan aja yang drama, hidup enggak.


Yang namanya nonton kalo nggak sambil ngemil kan nggak asik yah. So, saya pengen banget makan terus tapi males keluar. Udara dingin plus hujan gitu kan emang udah jadi jatah rejekinya mamang-mamang pengantar makanan. Tapi saya tetap masih bingung pengen pesan apa karena yang dipengenin banyak banget.

Setelah galau selama dua hari, iya dua hari karena saya baru jadi pesan makanan itu besoknya, akhirnya saya memutuskan pengen banget makan martabak enak di Bandung. Tapi harus martabak yang paling enak dan beda. Eh, sumpah saya nggak lagi ngidam, tapi emang syarat martabaknya gitu. Martabak Bandung harus yang paling enak dan beda.

Tentang Martabak Tropica Hitam Manis

Akhirnya saya scroll terus media sosial dan memutuskan bahwa: FIX! SAYA KEPENGEN MARTABAK HITAM MANIS. Kata HB, “martabak tinta cumi?!” LOL. Maklum, HB kan emang nggak gaul. Dia belum tau ada martabak berwarna hitam yang dibuat dari campuran kopi sama arang. Setelah mendengar kata kopi, dia langsung nge-iyain aja dan setuju pesan martabak hitam manis kayak saya.

Daripada kami harus ke Bandung menembus malam  gerimis dan kemacetan jalanan, mendingan ngasih jatah buat mamang-mamang Gofood. Itung-itung bagi rejeki kan mereka biar dapet poin juga, kita nggak capek-capek jalan. Gampang banget pula pesannya. Cuma tinggal klik-klik, pilih, terus nunggu deh di rumah sambil gelisah.

Nggak lebih dari dua jam martabaknya udah nongol aja di depan pintu. Yang nganterinnya Kakak Bili yang nggak mau buka helm pas mau difoto. LOL.

martabak enak di bandung martabak tropica

HB kan freak banget sama kopi dan sedikit kecewa karena menurut dia si martabak enggak ada rasa kopinya sama sekali. Emang iya sih, saya juga ngerasa yang paling dominan itu arangnya. Dari aromanya juga kecium. Tapi itu semua nggak jadi masalah karena nggak sampe setengah jam, Martabak Tropica Black Sweet ukuran medium udah tandas! Liat deh ekspresinya HB pas makan martabak. Sst... ini bukan Indra Birowo, bukan juga Raditya Dika, tapi pacar saya.

martabak enak di bandung martabak tropica

Untuk martabak seenak ini dengan harga Rp. 40.000 sih worth banget ya. Apalagi kami nggak harus capek-capek jalan dan ngantri. Katanya, Martabak Tropica ini laris banget dan antriannya panjang banget. Bahkan pernah direview oleh Pak Bondan tanpa cela sama sekali. Iya, Pak Bondan Prakoso yang suka nongol di tivi sambil nyicip-nyicip itu. Malahan Pak Bondan ngasih resep martabak baru, Martabak Cakalang. Hebat!Unik banget ya pastinya, tapi saya mah belum berani nyoba kemarenan. Mungkin next time deh coba martabak cakalang ala Martabak Tropica Bandung.

Jadi martabak manis berwarna hitam  ini juga ada beberapa varian. Ada yang pakai kismis juga. Harganya mulai Rp. 40.000 sampai Rp. 120.000. Saya pilih Martabak Tropica Black Sweet Keju karena saya takut kalo yang rasa cokelat apalagi kismis rasanya bakal manis banget. Keju kan asin, jadi saya pikir rasanya bakal pas gitu meski saya nggak yakin kalo martabaknya enggak bakal kemanisan.

Ternyata, Martabak Tropica Bandung ini emang beda. Adonan dasar martabaknya enggak terlalu manis. Meski ada krimernya, tetap aja manisnya pas. Jadi pas digigit itu rasanya enggak lengket. Terus kejunya lumer dimulut. Aromanya arangnya sedikit tapi cukup bikin taste-nya jadi semakin unik dan beda aja. Nggak ngebosenin pastinya. Apalagi ditambah keju yang membuat martabak black sweet ini makin kaya rasa. Kalo martabak greentea, red velvet atau yang original kan udah sangat biasa, Martabak Tropica Blacksweet ini memang antimainstream.

martabak enak di bandung martabak tropica

Konon arang di sini juga berfungsi sebagai pasukan detoksifikasi dalam tubuh kita. Iya, jadi nggak sekedar nimbun lemak aja, dengan makan martabak ternyata bisa juga sekalian detoks. Kalau di kopi kan juga ada antiosidan dan kafein, jadi bisa membuat kita tetap sehat dan bersemangat.

Tentang Martabak Tropica Bandung

Hari gini memang udah nggak perlu susah-susah lagi nyari info produk. Cukup berselancar di media sosial harusnya kita sudah bisa percaya untuk mengambil konklusi dan informasi lengkap tentang suatu produk yang ingin kita konsumsi. Untuk Martabak Tropica Bandung juga gitu. Nggak perlu lagi gambling untuk tahu kualitasnya apalagi aneka varian rasa dan harganya. Dengan banyaknya infomasi di media tersebut, sudah pasti produk dan infonya trusted, dong. Kita sebagai pelanggan hanya perlu percaya dengan Martabak Tropica Bandung dalam hal kualitas rasa dan pelayanannya. Info tentang martabak enak di Bandung ini saya dapatkan dari Instagram @kedaimartabaktopica.bandung dan Fanpage Martabak Tropica Bandung.

Ada lima hal yang membuat saya jatuh cinta dengan martabak paling enak di Bandung ini:
  1. Keaktifan promosinya di media sosial.
Keaktifan ini yang membuat Kedai Martabak Tropica terasa dekat dengan pelanggan. Instagram memang sudah menjadi media promosi yang paling gampang menyentuh sasaran konsumennya. Dengan adanya foto-foto dan keterangan yang jelas tentunya sudah cukup mewakili informasi yang kita butuhkan tentang Martabak Tropica Bandung. Apalagi adminnya yang ramah dan dengan sabar merespon komentar followernya. Pokoknya akun ini harus dipantengin terus karena sering banget menggelar diskon atau giveaway.

martabak enak di bandung martabak tropica

Sekarang ini kalo kita belanja minimal Rp. 50.000 kita dapat kupon undian untuk sebuah sepeda motor yang diundi menjelang akhir tahun. Kapan lagi beli martabak enak di Bandung sekaligus dapat sepeda motor.

Selain itu ternyata udah banyak banget review tentang Martabak Paling Top di Bandung ini. So, gampang banget  untuk kita mendapatkan informasi terkini tentang Martabak Tropica Bandung. Apalagi kalo mau nyari tentang promo dan event dari pihak lain, haha... ini bisa diandalkan.

  1. Rasanya enak
Martabak Tropica Bandung rasanya enak banget. Teksturnya lembut, padat, berongga mirip bika ambon dan manisnya pas. Enggak sampe bikin sakit gigi atau eneg, deh pokoknya. Nggak jarang kan nemuin martabak yang mekar banget gitu tapi rasanya getir. Itu sih kayak buatan saya di rumah. Bisa kayak gitu gara-gara kebanyakan pengembang.

  1. Variannya banyak
Apa yang kita mau tentang martabak manis siap sedia di Martabak Tropica Bandung deh pokoknya. Mau toping sepuluh macam mulai dari nutella, selai buah, coklat, keju, semuanya ada. Mau pilih ukuran juga bisa. Mau pilih martabak tipker, kalo di Jogja sih kayaknya mirip dengan kue lekker, atau mau martabak pizza juga bisa. Dan yang lebih terkesan memanjakan pelanggan adalah kita bisa memilih jenis adonan.

martabak enak di bandung martabak tropica
Foto: @kedaimartabaktropica.bandung
Mau pilih original martabak bandung atau terang bulan seperti yang kebanyakan yang tersedia di pinggir jalan, atau pengen yang rasa pandan, red velvet, greentea atau black sweet seperti yang saya pilih? Atau kalau galau bisa juga minta martabak duo. Itu loh, dua tangkup martabak dengan jenis adonan berbeda dijadiin satu supaya nggak galau memilih di antara dua. LOL.

  1. Harganya beragam
Jadi nggak ada alasan budget untuk nggak beli martabak paling enak di Bandung ini. Soalnya martabak ini dibandrol harga mulai dari Rp. 24.000 aja. Martabak ukuran medium yang saya beli aja cuma Rp. 40.000. Meski untuk martabak ukuran paling besar dihargai Rp. 120.000, kita kan nggak harus beli yang besar kecuali ngirit dengan cara sum-suman bareng teman atau keluarga. Kalau saya mah nunggu ada yang traktir aja. #KodeKeras

  1. Nggak harus datang dan antri di kedainya
Kedai Martabak Tropica Bandung ada di Jalan Burangrang yang mana itu jauh banget dari Cimahi. Bukanya mulai jam tiga sore sampai jam sebelas malam. Jam-jam segitu kan Bandung rawan hujan dan macet. Males banget merayap di jalanan demi beli martabak enak. So, saya memilih untuk bagi-bagi rejeki dengan abang-abang Gojek lewat layanan GoFood-nya. Tinggal nunggu di rumah sambil nonton film. Jadi nonton filmnya nggak ngemil? Ngemil harkos aja saya mah.

martabak enak di bandung martabak tropica
Foto: @kedaimartabaktropica.bandung
Kedai Martabak Tropica Bandung sebenarnya juga menyediakan tempat untuk dine in. Jadi ini memusnahkan image selama ini bahwa martabak harus selalu take away. Kadang malah nunggu martabaknya dibuat kita harus berdiri karena ngantri dan kursinya cuma sedikit di pinggir jalan. Terkadang malah ada pedagang yang jualan di trotoar, nggak asik banget tuh. Jadi kalo kebetulan lagi selo, ya silakan coba konkow di kedainya. Sembari mejeng sambil ngeliatin pegawainya yang pada rajin bekerja. Kalau dine in kan gampang kalo mau nambah saking lapernya :D

 Setelah seblak, cuangki sama sate madura di Cihanjuang, daftar a must menu to hunt saya semakin bertambah gara-gara ketagihan martabak enak di Bandung. Semoga lain kali bisa pas berada di sekitaran Burangrang di waktu-waktu Kedai Martabak Tropica buka, jadi bisa mampir. Pokoknya saya siap deh jadi agen promosi martabak paling top ini. Jadi nggak malu kan kalo merekomendasikan menu yang enak dan harganya worth banget. Bandung emang paling juara, terutama dalam hal makanan enaknya!

Kedai Martabak Tropica

Pelopor Martabak Cakalang ○ Jl.Burangrang 30 Bandung (sebrang Radio Dahlia) 
Buka : 13.00 - 23.00 LINE: martabak_tropica Delivery: GoFood by GoJek 

1 comment:

  1. Kenapa mesti jauh banget si? Kalo ngiler gini kan repot :(

    Salam,
    Gianta

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<