Friday, March 25, 2016

Beribadah Sambil Berwisata Ceria Bersama Umroh Plus Turki Cheria Travel


turki
Foto: Cheria

Meski belum berhasil pergi ke Turki untuk melanjutkan studi jenjang Master (S2) pada jurusan environmental engineering di Turki especially di Middle East Technical University atau Orta Doğu Teknik Üniversitesi as the 100 best universities in the world saya tetap bersikukuh untuk pergi ke sana. Dulu saya pernah berharap bisa tinggal beberapa lama di Turki  dengan memenangi beasiswa Turkiye Burslari-Graduate and Research Scholarship yang tawarkan oleh Pemerintah Turki.

As people know, Turki adalah negeri yang cantik dengan pemandangan alam dan perkembangan teknologi yang mengagumkan. Terletak di kawasan Asia dan Eropa adalah karakteristik Turki yang tak dimiliki negara lain. Dimana saya bisa belajar tentang akulturasi, perkembangan teknologi dan juga perbedaan interaksi manusia di sana. Satu alasan yang tidak boleh kita lupa adalah tentang sejarah dari negara ini. As an evidence of the glory of this country is that Turkey is the country where Islam grew in the beginning of its civilization.


Mengunjungi Turki sembari beribadah ke Tanah Suci

Kemudian angan saya berlanjut bahwa saya harus tetap menyambangi Turki sesekali. Entah untuk kuliah doktoral, atau sekedar mampir dalam perjalanan saya dari tanah suci. Kenyataannya adalah bahwa seringnya kita (saya sendiri) kadang sedikit melupakan Tuhan ketika berwisata. Padahal, wisata adalah salah satu bentuk pemupukan rasa syukur dan rasa cinta kita kepada Illahi. Umroh plus Turki... apa itu mungkin dilakukan dalam sekali 'dayung'?

Someday saya juga harus mengunjungi Madinah untuk ziarah ke makam Rasulullah SAW dan para sahabat, beribadah di Masjid Nabawi, kemudian ke Mekkah, Jeddah, dan tentunya Turki. Negara yang baru ada dalam angan-angan saya.

Tapi tunggu dulu, adakah seorang muslim yang tak ingin mengunjungi Rumah Allah? Bersujud di depan Kiblat? Mengagumi kekuasaan-Nya sekaligus menambah rasa cinta terhadap Tuhan, Rasul dan ajaran agama yang dianutnya.

Saat ini, semakin banyak cara yang memudahkan kita untuk bisa berumroh atau berhaji. Mulai dari pembukaan tabungan khusus umroh dan haji, sampai dengan menjamurnya jasa tour and travel yang siap melayani kita sesuai keinginan dan budget tentunya.

Tidak sedikit orang yang merasa kesulitan dalam memilih penyedia jasa tour and travel yang menyediakan paket umroh dan haji. Bukan tanpa alasan, sudah banyak korban yang dirugikan akibat tertipu pihak yang mengaku menyediakan jasa perjalanan.  Kepercayaan yang diberikan pelanggan memang tak seharusnya disia-siakan, apalagi terkait niatan ibadah yang tulus dari para pelanggannya.

Identitas yang lengkap dari suatu perusahaan penyedia paket perjalanan ibadah adalah suatu keharusan. Dengan demikian, kita sebagai konsumen dapat mengenal perusahaan jasa tersebut sehingga niat ibadah tidak akan berakhir bencana tipuan belaka.

Salah satu perusahaan penyedia jasa perjalanan ibadah adalah Cheria Travel. Perusahaan ini didirikan oleh sepasang suami istri, Pak Cheriatna dan Ibu Farida. Sebelum mandiri dengan mendirikan usaha sendiri, mereka telah lama menjadi agen di salah satu perusahaan tour and travel di Jakarta. Berbekal pengalaman itulah mereka mendirikan Cheria Travel, perusahaan penyedia paket umroh dan haji plus juga wisata muslim.

Dipercaya karena legal dan identitasnya jelas

Seperti yang telah saya paparkan sebelumnya bahwa kita sebagai pelanggan berhak untuk tahu tentang identitas perusahaan tour and travel yang akan kita gunakan. Cheria Travel telah memiliki izin Biro Perjalanan Wisata (BPW) SIUP: 2365/2012 dan izin umrah Departemen Agama Republik Indonesia Nomor D/816-2012 dan izin ibadah haji khusus nomor D/355. Jadi Cheria Travel merupakan biro resmi perjalanan haji dan umroh di Indonesia.

kantor cheria wisata
Kantor Cheria Mampang (Foto:Cheria)
Cheria Travel juga merupakan penyedia visa umroh dan haji di Indonesia dengan jatah 10.000 visa per tahun. Selain jelas dalam urusan legalitas dan pengalamannya, Cheria Travel juga mempunyai alamat kantor, nomor telepon dan website yang jelas dan bisa dengan mudah dijangkau. Kantor Cheria Tour and Travel terletak di:

Gedung Twink Lantai 3
Jl Kapten P. Tenden No. 82
Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Telepon: 021-790 02 16
Mobile: 021 44 610 74
Fax: 021 791 824 08
Website: http//www.cheria-travel.com
Twitter: @cheria_wisata dan CheriaMedia

Menyediakan aneka pilihan paket perjalanan

Paket-paket yang ditawarkan antara lain paket wisata halal (Muslim Tour) 2016, Tour Uzbekistan, Spanyol, Turki, Alaska Kanada, Australia, Eropa, Jhongkong Shenzen Macau, Beijing China, Jepang, Amerika, Singapura dan Malaysia, India, Timur Tengah Thailand, Korea dan yang pasti nusantara. Paket ini mengajak kita untuk menjelajahi tempat-tempat wisata dengan konsep syariah dan halal. Dari masing-masing paket, terdapat destinasi yang mungkin tidak ditawarkan oleh agen lainnya.  

Sedangkan untuk paket ibadah, terdapat pilihan Paket umroh express, umroh plus Cheria, Maroko Spanyol, Mesir Kairo, Eropa, Dubai, Ramadhan, Turki, Aqso, dan Madain Saleh. Selain itu Cheria juga menyediakan paket haji plus, ticketing, tour, dan juga umroh backpacker yang sekarang semakin nge-hits dengan biaya hanya $1350/pax.

Cheria Travel berupaya menjaga kualitas ibadah pelanggan sekaligus memikirkan kehalalan produk yang dikonsumsi. Jadi kita nggak perlu khawatir dengan halal-haramnya makanan di negara tujuan wisata.

Menariknya lagi, Cheria juga menyediakan paket perjalanan by request. Saya jadi berpikir untuk melakukan perjalanan wisata dengan suami saya kelak (eciyeee...). Pasalnya, Cheria juga melayani perjalanan untuk minimal dua orang kemana aja dan kapan aja. Namanya Paket FIT alias Free Independent Travelers atau bisa juga melalui paket private.

Ada juga paket umroh plus pernikahan. Kalau yang ini akadnya dilangsungkan di tanah suci sekaligus ibadah umroh dengan tambahan biaya pernikahan $1000. Ah kalau saya mah ingin umroh sambil honey moon aja. Nikahnya cukup di KUA atau masjid depan rumah abis itu ngariung bareng tetangga dan saudara di rumah. Yah, syukuran kecil yang tetap ramah lingkungan dan irit tabungan gitu deh. LOL.

Wah, nikah aja belum sudah mikir honey moon. Haha. Sah aja dong, kan katanya gagal merencanakan adalah merencanakan kegagalan. So, mau itu honey moon atau pun umroh, haji, atau jalan-jalan bersama keluarga kan tetap harus direncanakan. Apalagi sudah ada Cheria yang menyiapkan segala jaminan kenyamanan perjalanan, destinasi, makanan, sampai urusan ibadah selama liburan.

Paket umroh plus Turki yang menggetarkan hati

Travel tour wisata Turki ini tersedia untuk 10, 12 dan 16 hari dengan biaya yang sebanding dengan fasilitas yang akan kita dapatkan. Tentunya saya pun nggak perlu takut ketinggalan atau nggak kebagian kuota karena perjalanan tersedia setiap bulan dengan menggunakan pesawat dari maskapai Turkish Airline dan Saudi Arabia Airline. Saya sangat tertarik dengan paket ini karena menawarkan pengalaman yang sangat mengesankan, salah satunya adalah naik balon udara di Cappadocia, bermain ski di Bursa, dan Festival Tulip di Istanbul. Wow! Super amazing, right?!



Cheria Tour and travel juga telah menyediakan itinerary singkat untuk paket Perjalanan Umroh Plus Turki Desember 2016 ini:

Hari ke-1
Berangkat dari Bandara Soetta menuju Istanbul
Hari ke-2
Melanjutkan perjalanan ke Madinah dan langsung ke hotel
Hari ke-3
(Madinah) Ziarah Raudah, makam rasulullah dan sahabat abu Bakar dan Umar Bin Khattab, lanjut ke makam Baqi kemudian beribadah di Masjid Nabawi  
Hari ke-4
(Madinah) Mengunjungi Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Jabal Uhud, dan kebun kurma kemudian beribadah di Masjid Nabawi.
Hari ke-5
(Madinah-Mekkah) melaksanakan sunnah-sunnah ihram, mandi ihram, memakai wangi-wangian, dll untuk melaksanakan umroh (miqat, tawaf, sa’i, dan tahallul).
Hari ke-6
(Mekkah) Ibadah di Masjidil Haram
Hari ke-7
(Mekkah) Berkunjung ke Jabal Tsur, Padang Arafah, Jabal Rahman, Muzdalifah, Mina, Jabal Nur, Mesjid Jin, Ja’ronah kemudian ibadah di Masjidil haram.
Hari ke-8
(Mekkah) Acara bebas
Hari ke-9
Mekkah - Jeddah – Istanbul (Turki)
Hari ke-10
Menuju Bursa menggunakan Ferry melewati Laut marmara, makan malam, lalu menuju hotel
Hari ke-11
City tour Bursa – Troy – Kusadasi
Hari ke-12
Kusadasi – Ephesus – Pamukkale
Hari ke-13
Pamukkale – Konya – Cappadocia
Hari ke-14
City tour dan naik balon udara di Cappadocia
 Hari ke-15
Cappadocia – Ankara – Istanbul
Hari ke-16
City tour Istanbul


Itinerary-nya menarik banget, yaaaa...?! Dan sepertinya harus banyak berselancar dulu di dunia maya sebagai persiapan jalan-jalannya. Kebanyakan lokasi wisata yang dikunjungi adalah wisata heritage dan seni. It must be so cool and romantic!

Sebagai salah satu mantan calon scholar awardee student di Turki (udah mantan, baru calon pula #shameonme), saya pasti lumayan tahu dong tentang destinasi wisata yang ada di itinerary itu. Di Bursa, kita akan diajak mengunjungi Ulucami Grand Mosque yang merupakan salah satu masjid terbesar peninggalan jaman Raja Ottoman. Ada juga Green Mosque dan Green Tomb. Di Bursa, ada juga wisata belanja di Silk Market, kemudian menuju Troy City untuk melihat patung kuda troy yang dibuat dari kayu yang merupakan bagian dari strategi perang jaman Yunani Kuno.

Kota Sejarah Ephesus
Kota Ephesus (Foto: Cheria)
 
Cheria Travel yang sangat kece ini juga akan mengajak kita mengunjungi Kota Sejarah Ephesus yang menjadi Kota Arkeolog terindah di dunia. WOW!! Oh iya, di Cappodia nanti kita akan diajak mengunjungi Sultani Caravanserai yang merupakan tempat peristirahatan para pedagang di jalur sutera. Ingat jalur sutera, kan? Jalur yang dilalui para pedagang hingga mereka pun singgah di Indonesia dan meninggalkan banyak jejak budaya, bahkan keturunan juga. LOL.



Kalo masih ingat film The Flinstones, film animasi yang menggambarkan peradaban manusia di zaman batu katanya sih mirip dengan kondisi Cappadocia. Pada film tersebut digambarkan bagaimana manusia hidup di rumah batu, menggunakan peralatan rumahtangga yang terbuat dari batu pula. Cappadocia, sebuah kota di Turki ini tergolong unik. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan melihat bangunan yang mayoritas terbuat dari batu yang dipahat dari zaman dulu. Pemandangan inilah yang akan mengingatkan Anda pada kota batu di film kartun Flinstones.  Can't hardly waiitttt to be there!!!

And you know whattt... kita akan diberikan fasilitas menginap di hotel-hotel bintang lima seperti Sheraton Bursa, Ramada Resort Kusadasi Hotel, Doga Thermal Hotel, Ramada cappodia Hotel, dan Conrad Bosphorus Hotel. Sekarang mah baiknya membayangkan dulu perjalanan kita ke sana ya. Kalau kos-kosan mahasiswa di sana seperti apa ya kira-kira? Ibu kosnya yang udah beruban galak-galak nggak ya nagih uang kos tiap bulan? *mulai berimajinasi*

Yang nggak kalah menarik sekaligus penting adalah bahwa  Cheria memberikan pelatihan bagi para jamaah umroh dan haji. Bukan sekedar pelatihan yang terkait ibadah aja, bahkan pada 2013 Cheria Tour and Travel memberikan pelatihan hypnoparenting syariah. Komplit ya Cheria?!

Biaya yang dibebankan kepada pelanggan Cheria Travel sudah termasuk:
Tiket pesawat internasional kelas ekonomi
Hotel Madinah – Mekkah
Makan sesuai yang tercantum di itinerary yang dibagikan
Ziarah Mekkah – Madinah – Jedah
Transportasi bus full AC
Zam-zam 5 liter
Visa umroh
Pendamping

Porsi tour muslim
Hotel
Penyambutan
Transportasi
Guide berbahasa Indonesia/Inggris
Tiket masuk obyek wisata
Makan
Visa Turki
Local guide dan driver tipping

Biaya belum termasuk:
Airport tax + handling
Buku kesehatan Rp. 500.000
Biaya mahrom Rp. 350.000
Kelebihan bagasi
Kebutuhan pribadi (laundry, telepon, dll)
Segala yang tidak ada dalam itinerary

Untuk info lengkap mengenai mekanisme paket, harga, bahkan tujuan wisata hingga info seputar umroh dan haji bisa dengan mudah saya dapatkan di website http://www.cheria-travel.com. Cheria Tavel juga aktif di media sosial, so nggak perlu jauh-jauh datang ke kantornya bermacet-macet ria untuk sekedar tanya-tanya dan mengumpulkan informasi.  

 
Festival bunga tulip di Istanbul

Cheria Travel juga menyediakan reward bagi yang ingin berangkat umroh gratis. Caranya dengan mengajak sembilan orang untuk umrah bersama Cheria Tour and Travel, kita bisa berangkat secara gratis. Jika saya berencana umroh bersama Ibu dan Bapak, saya bisa mengajak Pakde, Bude, atau kawan-kawan Ibu dan Bapak untuk turut serta. Apalagi jika dapat mengajak seluruh keluarga, berasa menikmati paket umroh khusus keluarga yang tentunya lebih nyaman dan menghadirkan keceriaan. Apalagi kalau bisa pergi haji bareng-bareng. Masyaa Allah. Ditambah lagi ada Promo Paket Tour Wisata Muslim Turki 2016 10 Day Best Of Turkey + Tulip Emirgan Park.



Bismillah, semoga rencana dan niat kami untuk menyempurnakan rukun islam dengan membawa serta keluarga kami senantiasa dimudahkan dan diridhoi Allah. Semoga rencana untuk melanjutkan kuliah doktoral pun segera terlaksana. Aamiin yaa rabbal aalamiin.

10 comments:

  1. Rinda..kapan meridnya say? God idea mba suka sama cita-citamu..semoga kewujud ya..ajak mba juga hahaa..

    ReplyDelete
  2. Asyik tuh kalau bisa lakukan 2 aktifitas sekaligus.

    ReplyDelete
  3. Pengen bs kesanna deh. Tinggal disana
    Ide doktoralnya leh uga
    Aku tak colek2 suami kuliah disana apa yak hihi

    ReplyDelete
  4. Saya nggak umroh... tapi pengen lihat budaya dan sejarah negara Turki hihi ^^
    Kan serial drama Turki lagi bagus-bagus tuh di TV dan ingin lihat langsung setting lokasi di sana. Daaan makan 'simet'!

    ReplyDelete
  5. Semoga bisa segera Umroh dan berwisata ke Turki, Amiin..

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<