Saturday, March 12, 2016

#Blogger Peduli Masa Depan Water To Energy (Day 12)


Waktu jalan-jalan ke Cidaun Cianjur Selatan, Kami sekeluarga melihat pemandangan sungai yang lebar dengan arus yang cukup deras. Ditambah dengan adanya air terjun dan ombak pantai yang tinggi. Hmm… seharusnya itu sudah cukup untuk membuat Cianjur Selatan kaya tanpa harus mengeksploitasi pasir besi. Eh… emangnya selama ini siapa yang kaya dari pasir besi ya? Krik krik… krik krik….

Dulu sering lihat penggunaan air sebagai sumber energi di film kartun buatan amerika. Ada kincir angin yang bisa menggerakkan mesin penggiling gandum. Atau seperti di doraemon, untuk menggerakkan mesin pertanian. Iyaa… Cuma di film kartun, kalau melihat dengan mata kepala sendiri, belum pernah….. Hihihi… kasian banget.


Nah… sebetulnya… terinspirasi bikin tulisan ini karena… pernah baca di buku ensiklopedia nya anak-anak, “Gelombang atau ombak di sepanjang pantai selatan pulau Jawa sangat sesuai untuk menyuplai energi listrik, karena ombak yang tingginya 1.5 s.d 2 meter dianggap potensial untuk membangkitkan energi listrik”.

Nah… kalau memang penelitian seperti itu sudah diketahui sejak lama, kenapa tidak diaplikasikan ya?

Dari beberapa artikel yang Saya baca, untuk menghasilkan energi dari air, bisa menggunakan air yang mengalir, memanfaatkan air pasang, gelombang air laut, atau membuat penampungan khusus yang dapat menggerakkan turbin hidrolik.

Tapi, jika PLTA nya berupa bendungan air sungai atau laut, bisa menyebabkan kerusakan ekosistem sungai, erosi, dsb. Ditambah jika terjadi kemarau panjang, maka PLTA tidak bisa berfungsi. Makanya masih menyebabkan pertentangan juga.

Tapi… pemanfaatan energi fosil juga banyak dampak buruknya kan? Kenapa eksploitasinya bisa terus merajalela? Padahal sudah jelas-jelas merupakan energi yang tidak bisa diperbaharui? Menyebabkan polusi juga. Krik krik…. Krik krik….

Kalau menurut Saya sih… kalau memang upaya untuk memanfaatkan energi air dilakukan dengan serius, pasti bisa. Jadi memang diupayakan instalasinya ramah lingkungan. Di Amerika, 10% sumber energinya adalah energi air. Di Jawa Barat sendiri, sudah ada 9 PLTA yang didirikan. Tapi itu semua masih dalam bentuk bendungan, atau waduk. Pemanfaatan energi gelombang air lautnya belum digarap.

Mudah-mudahan ada pihak yang bisa mengupayakannya. Tapi… balik lagi … siapa sih yang mau mengupayakannya? Perusahaan energi? Apakah bagi mereka pemanfaatan energi gelombang air laut itu cukup prospektif dan menguntungkan dari segi ekonomi? Nah itu dia…. Energi sudah menjadi sesuatu yang komersil, jadi… agak susah yaa…

Karena Saya masih awam soal pemanfaatan air sebagai sumber energi, Saya tidak bisa bicara banyak soal hal ini. Tapi membayangkan Nusantara yang dikelilingi lautan. Ditambah curah hujan yang tinggi, kemudian bisa memberdayakannya dengan baik… Wow!! Hebat kan?

Kemudian… seandainya air juga bisa digunakan sebagai bahan bakar kendaraan. Sepertinya orang Indonesia akan sangat bahagia… Hehehe…
Mimpi ini sepertinya bukan Cuma angan-angan. Perusahaan Jepang, Toyota dan Genepax  kabarnya sudah merilis mobil berbahan bakar hidrogen. Hidrogen yang digunakan katanya diambil dari ekstraksi air. Wahhh itu gimana cara kerjanya ya? Hahaha…. Bener-bener gak ngerti teknik. Mudah-mudahan saja penelitiannya bisa rampung dan menghasilkan kendaraan yang ramah lingkungan.

Nah… sementara para ilmuwan meneliti pemanfaatan energi air, yang bisa Saya lakukan saat ini baru sebatas menampung air hujan untuk keperluan darurat rumah tangga. Seperti menyiram tanaman, membersihkan area cuci, motor, teras halaman, cuci bekas ompol, dsb. Hehehe…. Levelnya beda jauh ya… Tapi gak apa-apa.. yang penting kan bermanfaat dulu untuk diri dan lingkungan terdekat. ;)

Dan mudah-mudahan nanti punya kesempatan untuk belajar langsung mengenai pemanfaatan air sebagai sumber energi. Siapa tau… kelak, air hujan yang jatuh ke rumah kita bisa jadi sumber energi.

Think Big Act Locally aja ya buuu….

Sumber:
Riana, Deny. 2009. Ensiklopedia Dunia Sains. Bandung: ThreeMidea

Chika Dzikra
@chikadzikra


  
http://www.rindagusvita.web.id/2016/02/giveaway-bloggerpedulimasadepan.html
 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<