Friday, March 11, 2016

#BloggerPeduliMasaDepan 5 Manfaat membawa air sendiri di botol minuman (Day 11)




Sebenarnya apa sih yang paling kita butuhkan di dunia ini? Cinta? Ya, mungkin benar, tapi ini bulan lagi ngomongin baper-baperan. Secara fisiologis manusia butuh udara dan air untuk kelangsungan hidupnya, ya kan? Tanpa oksigen kita nggak bisa nafas, eh mati dong? Nah, tanpa air kita juga bisa dehidrasi dan dapat menyebabkan kematian kalau dehidrasinya berlanjut lho. Contoh saja ketika anak demam dan panas, yang jadi parameter kegawat daruratannya adalah pada status kecukupan cairannya. Selama anak masih mau minum dan mengkonsumsi cairan, maka kegawat daruratannya lebih rendah dibanding anak yang tidak mau mengkonsumsi cairan dan ubun-ubunnya sampai cekung. Beneran bukan tingginya suhu tubuh semata yang jadi parameternya.


Pernah linglung dan ngapa-ngapain salah? Persis kayak iklan air mineral dalam kemasan itu. Itu salah satu ciri dehidrasi ringan. Tuh, kekurangan sedikit cairan tubuh saja stabilitas tubuh kita sudah terganggu. Makanya tubuh jangan sampai kurang cairan, ya kan? Terus gimana dong biar asupan cairan kita terjamin? Salah satunya ya dengan membawa bekal air minum kemana pun. Iyes, kemana pun. Bahkan ketika akan tidur, usahakan dipersiapkan sebotol atau segelas air di samping tempat tidur. Tujuannya adalah ketika bangun tidur biar bisa langsung minum. Suka ngerasa haus ketika bangun tidur kan?

Mau tidur saja sebaiknya menyiapkan air, kalau bepergian lebih perlu lagi bawa bekal minuman kan? Apalagi kalau bepergian outdoor, bisa pusing kepala kalau sampai kurang cairan di tubuh. Nah, buat yang masih ragu membawa bekal.minuman sendiri, ini ada 5 manfaat membawa minuman sendiri yang mungkin bisa bikin kamu jadi pengen bawa bekal minuman sendiri saat bepergian.


1. Menghemat pengeluaran.

Ini alasan utama yang pastinya cukup membuat kita tergerak membawa bekal air sendiri. Coba bayangkan kalau setiap hari saat haus membeli minuman kemasan? Coba saja dicek berapa pengeluaran air minum sehari kalau nggak bawa bekal minuman sendiri? Memang penghematannya sih nggak seberapa, tapi menghemat paling tidak tiga ribu sehari, kalau sebulan juga udah jadi berapa tuh?

2. Lebih sehat.

Membawa air sendiri tentu lebih sehat. Kita tahu persis sumber air yang kita gunakan. Setiap kali merasa haus bisa langsung minum. Mau minum sepuasnya juga nggak bikin gendut. Wong nggak ada kalorinya.

3. Siap minum kapan pun dan dimana pun.

Pengalaman pribadi sih paling males kalau lagi kehausan terus nggak ada minuman. Atau lagi makan di luar terus kepedesan, eh minuman pesenan belum dateng. Rasanya kalau telat minum kerongkongan jadi kering banget. Bila kering berlanjut bisa radang tenggorokan. Nggak asik kan? Makanya daripada ribet, selalu sedia air mineral di dalam tas untuk mencegah serangan dehidrasi.

4. Mengurangi sampah plastik.

Suka miris nggak sih kalau lihat di taman atau tempat umum lain banyak berserakan sampah plastik bekas minuman? Mulai dari plastik kiloan plus sedotan buat kemasan es teh atau es sirup, sampai kemasan air mineral yang walaupun bisa diremas dan dikecilkan ukuran tapi tetap saja bikin menambah sampah plastik. Nah, biar aman ya bawa bekal minuman sendiri dong.

5. Membawa air sendiri membantu program diet.

Percaya nggak? Coba saja kalau lagi laper terus banyak minum air putih. Rasanya perut agak penuh kan? Nah, lumayan kan si air putih bisa menunda lapar. Eh tapi jangan kebanyakan minum terus lupa nggak makan juga. Itu malah bahaya. Cara kelima ini hanya manfaat sesaat saja.

Gimana? Lumayan banyak kan manfaat membawa bekal air di botol? Masih ragu membawa bekal air? Oh ya, sekarang mulai banyak keran siap minum tuh. Jadi sekarang kalau terlalu berat membawa bekal air putih, paling tidak jangan lupa bawa botolnya terus diisi ulang di situ deh.

Ardiba Sefrienda
www.ardiba.com
Facebook: Ardiba Sefrienda |
Instagram & Twitter: @ardibars



1 comment:

  1. Aku juga langganan bawa air minum sendiri. Lumayan buat penghematan uang jajan *anak kost mode on :v

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<