Thursday, March 3, 2016

#BloggerPeduliMasaDepan Car Free Day (Day 3)




 Car Free Day : Menikmati Udara Pagi Di Tengah Kota Tanpa Polusi

Car free day biasanya itu adanya hari Minggu pagi antara jam enam sampai dengan jam sembilanan. Itu kalau di kota saya, kota Boyolali. Dan sebulan juga Cuma ada dua kali, yaitu minggu pertama dan ketiga. Berbeda dengan kota lain seperti Solo, Klaten, Salatiga dan yang lainnya, car free day sudah menjadi agenda rutin setiap minggunya.

Ngomongin soal car free day, siapa sih yang belum pernah ke car free day? Kalau belum pernah, itu rugi banget. Secara nih ya, car free day itu kita bisa merasakan udara di kota tanpa polusi. Kenapa bisa? Karena sewaktu acara car free day ini memang benar-benar tidak ada kendaraan bermotor yang diizinkan lewat, so pasti bebas dari asap. Dan yang ada hanyalah orang-orang yang berjalan kaki, naik sepeda gunung, bahkan di acara car free day Boyolali juga ada acara senam kesehatan.

Ngelapak di CFD

Tidak sebatas itu saja loh, di acara car free day ini biasanya dimanfaatkan oleh para pedagang kecil. Mereka buka lapak dadakan di acara car free day. Mulai dari lapak makanan seperti siomay, gorengan, bubur, tempura dan yang lainnya. Ada juga pedagang mainan sampai dengan odong-odong. Terus, ada juga loh yang jual sepatu sandal. Pokoknya di acara car free day ini mah komplit banget kalau mau belanja, hehehe. Padahal kan ya, acara car free day kan niatnya untuk mengurangi polusi, tapi ternyata bisa jadi tempat nambah rejeki.
Jajanan Di CFD
Di acara car free day, kita juga bisa menemui orang-orang dengan hewan peliaraanya.
Kebanyakan sih anjing. Hehehe. Selain itu, acara car free day juga sering menjadi ajang promosi loh. Seperti contohnya yang pernah saya temui, di car free day ini ada yang manggung (band) dadakan, ada pentas reog topeng ireng (tarian asli Boyolali), ada juga para pelaku MLM yang mencari downline, dan masih banyak promosi-promosi lainnya.

Arjuna dan Komunitas Anjing

Pecel Gratis Di Car Free Day
Kalau saya nih ya, jujur saja, ke car free day kadang saya anggap sebagai ajang refreshing dan enggak sekedar pengen menghirup udara tanpa polusi. Kenapa saya bilang refreshing? Seperti yang saya jelaskan di atas, di acara car free day saya bakalan banyak ketemu orang dengan berbagai kalangan, mau belanja apa saja juga ada, terus bisa juga nyenengin anak soalnya banyak odong-odong.

Jadi, menurut saya, acara car free day ini sangat berdampak positif sekali. Selain car free day bisa diikutin oleh semua kalangan, car free day juga bisa jadi tempat menambah rejeki. So, car free day tidak sekedar sebagai ajang mengurangi polusi.

Dan acara seperti ini sebenarnya saya harapkan sekali kalau di Boyolali khususnya, diadakan setiang minggu. Karena manfaat car free day sangat banyak sekali. Lagipula, udara pagi di kota tapi bebas polusi itu sangat bagus sekali bagi kesehatan. Bayangkan, yang namanya kota itu biasanya kan identik banget dengan yang namanya polusi, terutama polusi asap kendaraan. Nah, menikmati udara kota tanpa asap itu kan segar dan bagus buat kesehatan. Terkadang sangat disayangkan sekali, kenapa car free day Cuma ada di hari Minggu dan itupun Cuma sebentar, kenapa tidak setiap hari?

Ya, memang seperti zaman baheula alias zaman dahulu kala, tapi udara tanpa asap kendaraan itu benar-benar segar dan bagus buat kesehatan. Jadi, saya harap sih setiap pagi ada acara car free day, hehehe.

Nah, itu adalah sekelumit cerita saya tentang car free day, khususnya acara car free day kota Boyolali tersenyum. Yuk kawan, dukung acara car free day dan wujudkan udara segar bebas polusi untuk anak cucu kita kelak. Ingat, udara segar itu mahal harganya, jangan sampai anak cucu kita untuk mendapatkan udara segar saja harus membayar. No, BIG NO yaaa....

Nama                   : Witri Prasetyo Aji
Facebook               : Witri Prasetyo Aji II
Twitter/Path/IG/Telegram : @witri_nduz
Email                   : witinduz2@gmail.com
URL Blog               : www.diajengwitri.id dan www.witricom.blogspot.com

3 comments:

  1. di gunungkidul, di kota saya, dulu sempat ada car free day, tapi entah sekarang kelanjutannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya belum pernah ngerasain CFD di GK, Mas. Kalo di Jogja beberapa kali di Sudirman, itu pun kurang ngefek ya?

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<