Monday, March 14, 2016

#BloggerPeduliMasaDepan Mengonsumsi Bahan Pangan Organik, Hidup Jadi Lebih Sehat (Day 14)



Good people, tentunya anda pernah mendengar tentang makanan organik bukan? Saat ini makanan berbahan dasar organik sedang trend di dunia kuliner dan senantiasa menjadi pembicaraan yang menjamur bak kacang goreng. Bahkan sejumlah pelaku bisnis makanan seolah-olah  berlomba untuk menawarkan dan menyajikan masakan mereka yang berbahan dasar organik. Mulai dari restoran-restoran, cafe-cafe maupun gerai-gerai makanan, kini telah hadir khusus menyuguhkan makanan organik sebagai label bisnis mereka. Bahkan trend makanan organik ini bisa good people temukan tidak hanya di kota-kota besar, di kota kecil pun telah bermunculan restoran ataupun cafe berbasis makanan organik dengan mudah.

Tentunya good people bertanya-tanya apa sebenarnya makanan organik itu ya? Seperti dikutip dari laman wikipedia, bahan pangan organik adalah bahan pangan yang diproduksi dengan menggunakan metode pertanian organik, yang membatasi input sintetik modern seperti pestisida sintetik dan pupuk kimia. Yang artinya bahwa bahan pangan organik ini  benar-benar dikembangkan/diproduksi secara alami tanpa sedikit pun menggunakan obat-obatan, rekayasa genetik, hormon pertumbuhan, vaksinasi ataupun antibiotik. Jadi good people, bahan pangan organik ini sangat berbeda sekali dalam proses produksinya yang tidak seperti makanan yang diproduksi secara konvensional atau non organik.
Makanya jangan heran good people, kalau makanan organik yang anda konsumsi ini jauh lebih mahal daripada makanan an organik. Kenapa bisa begitu ya good people? Berikut ini beberapa alasan mahalnya bahan makanan organik :
  1. Stok bahan pangan organik masih sangat terbatas karena hasil panennya relatif sedikit.
  2. Tanah untuk menanam tanaman organik memerlukan masa konversi yang relatif lama untuk menghasilkan makanan organik yang sehat dan semakin baik mutunya.
  3. Kebanyakan pertanian dan peternakan organik memiliki skala bisnis yang lebih kecil dibandingkan pertanian atau peternakan konvensional atau an organik.
  4.  Lahan organik memperhitungkan benih, air bersih, cara menangani hama dan penyakit tanpa bahan kimiawi sintetis.
  5. Butuh transportasi khusus, karena produk organik tidak boleh dicampur dengan produk nonorganik.
  6. Pengeluaran pakan organik untuk ternak juga memakan biaya dua kali lipat daripada biasanya.

Good people, terlepas dari harganya yang memang lumayan mahal, tidak bisa dipungkiri kalau makanan organik menawarkan beberapa manfaat bagi kesehatan anda good people. Karena untuk itulah, sebagian besar masyarakat dengan suka rela akan membayar makanan organik dua atau tiga kali lipat dari makanan demi untuk mengupayakan agar kesehatan tubuh mereka tetap terjaga. Dan para pakar kesehatan pun menyetujui jika dengan konsumsi bahan pangan organik akan lebih baik, daripada bahan pangan non organik.

Bahan Pangan Organik Lebih Sehat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar dari Universitas California mengatakan bahwa sayuran dan buah organik mengandung antitoksin dan zat flavanoids lebih tinggi daripada produk konvensional atau non organik. Zat flavanoids ini berperan dalam mencegah penyakit kanker dan penyakit jantug. Selain itu zat flavanoids berfungsi sebagai pestisida alami yang bisa melindungi tanaman dari serangan serangga. Dan juga penelitian yang telah dilakukan oleh BPOM-nya negara Amerika Serikat yang telah memeriksa tipe antibiotik yang digunakan dalam pakan ternak dapat berpengaruh pada efek resisten obat di dalam tubuh manusia. Nah good people, meskipun masih menjadi perdebatan sampai sekarang, tetapi penelitian tersebut menunjukkan bahwa mengkonsumsi bahan pangan berbasis organik adalah pilihan yang sehat bagi anda.

Bahan Pangan Organik Lebih Aman

Bahan pangan organik tentunya akan terbebas dari bahan kimia pestisida seperti fungisida, herbisida dan insektisida. Bahan kimia ini biasanya yang digunakan oleh petani konvensional atau non organik dalam mengolah pertanian mereka. Residu bahan kimia ini akan tetap menempel pada bahan makanan yang anda makan meskipun sudah melalui proses pencucian. Sisa pestisida ini bahkan tidak akan bisa hilang karena telah terserap oleh akar dan akan terus mengendap di dalam tumbuhan. Residu pestisida ini merupakan neurotoksin yang dapat meracuni sel saraf. Karena itulah good people, bisa dipastikan kalau bahan pangan organik tentunya akan lebih aman dan menyehatkan dalam jangka panjang karena terjamin bebas dari bahan kimia.

Bahan Pangan Organik Lebih Segar Dan Tahan Lama.

Good people, jika anda mengkonsumsi makanan organik ini akan terasa lebih segar dan lebih lezat saat dimakan dibanding makanan non organik. Selain itu bahan pangan yang dibudidayakan secara organik juga bisa bertahan lebih lama, sehingga sekaligus meminimalisasi penggunaan bahan pengawet.

Menciptakan  Lingkungan Yang Lebih Sehat.

Selain aman bagi petani dalam mengelola produksi makanan, pertanian atau peternakan berbasis organik akan menciptakan sebuah ekosistem yang lebih sehat. Hal ini dikarenakan pengelolaannya tanpa memakai zat kimia ataupun pestisida yang bisa mencemari lingkungan ekosistem. Dengan pertanian organik telah terbukti mengurangi polusi baik itu polusi tanah, air maupun udara.

Nah good people, dari uraian di atas anda bisa lebih bijak dan lebih cerdas untuk memilih bahan pangan yang mana yang lebih cocok untuk good people. Jika dicermati tentunya anda akan cenderung untuk memilih makanan organik yang lebih sehat, aman dan lebih nikmat tentunya sebagai pilihan bijak anda good people. Akan tetapi jika melihat dari harga yang lumayan mahal, tentunya akan jadi pertimbangan untuk good people sekalian dalam mengkonsumsi makanan organik agar tidak mempengaruhi belanja bulanan anda. Tentunya anda tidak ingin  belanja bulanan menjadi membengkak bukan good people. Nah berikut tips belanja makanan organik yang bisa good people terapkan :
  1. Belilah jenis organik untuk makanan yang paling sering dikonsumsi setiap hari 
  2. Belilah makanan organik yang lagi ada promo harga khusus
  3. Belilah dalam jumlah besar jika kita dapat menghabiskannya, atau menyimpannya sebelum rusak
  4. Belanjalah di supermarket yang punya usaha makanan organik
  5. Tanam sendiri sayur dan buah organik di halaman rumah.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa menginspirasi anda sekalian good people. Wassalam.


 yuna liqo


twitter : @yunna_liqo
instagram : @yunna_liqo
facebook : yunna liqo
URL blog : http://elqmom.blogspot.co.id


No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<