Saturday, April 30, 2016

Costumize Semua Kebutuhan Kedai Tanpa Ribet



Setelah membesarkan Vito Buku bersama Hungry Bear (HB) yang belum juga bisa besar dan mandiri hingga kini, kami terus memutar otak untuk bisa survive. Tapi yang namanya berusaha kalo nggak jodoh atau nggak disertai dengan passion kan emang susah. Karena passion kami adalah buku dan kopi, maka kami tertarik untuk jualan kopi.


Ini sudah dimulai sejak sekitar sebulan lalu. Kami menyuplai kopi untuk beberapa kedai di Cimahi dan sekitarnya. Juga menjualnya secara online. Kopi andalan kami adalah kopi liwa robusta premium. Dengan penanganan khusus sehingga cita rasanya jadi nggak cuma pahit doang. Orang taunya kopi lampung itu pahit. Jadi kurang ‘menjual’, tapi kopi lampung yang kami punya beda.


Rencana untuk membuka kedai kopi sebenarnya sudah ada sejak pertengahan tahun lalu. Makanya kami sempat ikut program pendampingan dan kompetisi rencana bisnis. Kami masuk final, tapi kami belum berhasil jadi jawara. Nggak apa-apa. Meski kami juga belum berhasil mendapat investor, kami juga tetap tegar. Kalau ada di antara kalian yang ingin berinvestasi, segera hubungi kami ya. #SpamPenuhMakna

Tentang Konsep Vito Book n’ Coffee

Karena kami adalah orang-orang yang selalu ingin berbeda. Kami keukeuh mengawinkan antara kopi dan buku. Seperti tagline yang sudah sejak lama kami pakai, aku cinta kopi, buku dan kamu!, kami membuat tagline itu lebih realistis lagi dengan mewujudkan semuanya.

Bukan sekedar kopi dan buku, kami juga punya idealisme untuk menebarkan banyak virus kebaikan kepada masyarakat. Tentang gaya hidup ramah lingkungan, tentang kesehatan, tentang keterampilan tangan, sampai kepada usaha kecil di kelompok-kelompok masyarakat pun akan kami ajak kerjasama.


Sounds muluk-muluk? Bagi kami sih enggak. Karena jaringan untuk mewujudkan semua itu sudah ada. Tinggal mencari perlengkapan printilan kedainya yang belum. Kamu juga berpikir keras mengenai strategi marketing dan promosi.

Listing Kebutuhan Vito Coffee & Bookstore

Kalo dibuat daftarnya, kebutuhannya itu banyak banget. Tapi kita kan nggak harus langsung jadi sempurna. Pelan-pelan saja. Akhirnya kemi menyeleksi beberapa keperluan paling urgent untuk mewujudkan kedai tersebut.

1.       Lokasi usaha

Untuk lokasi, kami sangat fleksibel. Karena saya sendiri belum nomaden jadi saya juga masih bebas mau dimana aja. Yang penting harga sewanya masuk akal. Pengennya sih kami menyewa sebuah rumah mungil di dalam gang yang nggak jauh dari jalan raya. Dengan pohon-pohon perindang dan parkir kendaraan. Tenang. Tempat yang pas untuk ngopi sambil baca buku. Pulang-pulang borong belanjaan ;)

2.      Furnitur

Untuk furnitur kami pengennya sih bikin sendiri di pak tukang. Atau beli second hand biar murah. Terus nanti bisa di poles ulang biar ciamik. Ini termasuk meja, kursi, hingga rak buku.

3.      Peralatan dan mesin kopi

HB sudah pernah beli beberapa peralatan kopi yang masih sangat jauh dari cukup untuk membangun sebuah kedai. Tapi kami yang juga menjual alat-alat kopi tentunya sudah punya rencana mau beli kemana. Semuanya bukan hanya ada di kepala. Tapi juga di draft-draft yang kini menjamur dan mulai menua.

4.      Produk dan material

Kami bermaksud melakukan fair trade dengan beberapa produsen kecil sebagai supplier beberapa bahan baku dan juga produk yang akan kami jual. Termasuk untuk biji-biji kopi yang saat ini tengah kami jual, kami juga mendapatkannya dengan cara fair trade. Menolong petani dengan memangkas rantai distribusinya dan membayar produknya dengan harga lebih tinggi sesuai kualitas dan terjamin sustainability-nya secara sosial, ekonomi dan lingkungan.



5.      Perlengkapan dekorasi dan promosi

Ini sebenarnya yang penting-penting-nggak-penting sih. Sebetulnya kalau nggak ada atribut promosi secara fisik pun kami tetap bisa promosi. Haha. Koar-koar pake toa, atau lewat pengeras suara di masjid. #fail

Kalau printilan semacam hiasan dinding, shop sign, seragam, dan sebagainya harus beli terpisah-pisah kan repot banget. Belum lagi kadang harus beli dalam jumlah banyak banget. Udah gitu mahal.

Makanya saya dan HB berencana untuk memesan semua itu di Custom Bagus. All you can customize deh kayaknya di sana. Jadi saya juga bisa sekalian pesan untuk media promosi sekaligus aset kedai seperti gelas, mug, tumbler, hingga kartu nama.

Perlengkapan Vito Coffee & Bookstore di Custom Bagus

1.       Canvas Art Print

Enaknya belanja di Custom Bagus, kami bisa pesan art print untuk hiasan dinding satuan. Jadi nggak ada minimal order. Harga satuannya mulai dari Rp. 265.050. Mahal? Banget! Makanya beli dua atau tiga aja. Selebihnya poster biasa.

2.      Kaos Seragam

Ini sih rada penting juga. Bukan buat couple-an. Buat identitas toko aja. Biar kece. Heuheu. Di Custom Bagus, bisa pesan kaos yang dicetak dengan menggunakan printer DTG (direct-to-garment). Keunggulan kaos DTG adalah hasil cetaknya yang lebih tajam, waktu cetak lebih cepat dan bisa cetak satuan.

Saya memilih bahan katun/cotton merupakan pilihan bahan yang paling sering digunakan karena teksturnya yang lembut dan mudah menyerap keringat sehingga nyaman digunakan. Tepatnya Gildan Premium Cotton 63000 untuk dibuat kaos O-neck. Harganya cuma Rp. 60.000-an untuk warna putih dan Rp. 80.000-an untuk kaos hitam dan warna.

3.      Yard Sign

Untuk yard sign atau shop sign ini saya memang pilih beli di Custom bagus karena beberapa alasan. Di antaranya:

• Ketahanan UV sedikit (warna merah memudar paling cepat)

• Bila dipakai untuk indoor bisa tahan lama (3-5 tahun), tetapi kalau outdoor hanya temporary (6-12 bulan)

• Tidak ada garansi untuk lama pemakaian, karena cuaca yang berubah-ubah

• Pembelian termasuk tiang pipa stainless steel diameter 1 inch

Karena akan ditempatkan di luar, mungkin ini emang nggak akan tahan lama. Tapi justru itu yang kami cari, biar nggak bosen dengan sign yang gitu-gitu aja. Jadi bisa gonta-ganti. Bahan dasar yard sign ini adalah coroplast (corrugated plastic) yang berkualitas tinggi dengan harga satuannya Rp 2.016.175.

4.      Stempel

Jangan dikira kedai kecil nggak butuh stempel. Dulu, semungil-mungilnya Vito Buku, kami kelabakan bikin stempel gara-gara ada pelanggan yang belanja untuk kebutuhan dinas. Jadi bukan cuma buat identitas aja sih, stempel basah juga dibutuhkan untuk reimbursement biaya belanja. Kami memilih stempel dengan dua warna karena logo kami terdiri dari warna cokelat dan cream. Harga stempel untuk 2 Warna cuma Rp 42.750 aja.

5.      Kemasan produk

Kalo kemasan kopi ini sih sebenarnya sudah dibutuhkan dari sekarang meskipun kedai kopinya belum ada. Kami kan jualan biji kopi, jadi kami memang butuh coffee bag. Selama ini kami harus pesan di tukang jahit dengan harga yang sangat mahal. Tapi ke depan kami pengen pesan di Custom Bagus aja. 


Selain sebagai kemasan atau bungkus untuk melindungi produk kopi kami, coffee bag juga berfungsi sebagai identitas produk, menambah daya tarik bagi konsumen, dan yang tidak kalah penting kemasan sebagai sarana promosi untuk meningkatkan daya saing produk. Kemasan produk menjadi unsur penting yang memengaruhi penjualan dan minat konsumen terhadap suatu produk. Kami memilih coffee bag yang terbuat dari bahan kertas samson dengan aneka ukuran yang kemudian akan kami masukkan lagi ke dalam pouch yang terbuat dari goni atau blacu. Kertas samson sangat artistik karena dibuat dengan mendaur ulang kertas sehingga ramah lingkungan. Harganya juga murah, mulai dari Rp. 3.610 per buah.

6.      Apron

Sebagai kedai yang salah satu produknya berupa minuman, kami tentu sangat butuh apron atau celemek. Selain untuk menjaga kebersihan, apron juga berfungsi sebagai identitas. Di Custom Bagus harga apronnya mulai dari Rp. 66.500 per buah. Ini terbilang sangat murah.



7.      Wall decor

Ini berfungsi sebagai penghias dinding tanpa perlu melakukan perombakan atau rehab mayor. Sebenarnya ada dua jenis wall decor di Custom bagus, printing dan decal. Perbedaannya adalah kalau decal dapat bertahan lebih lama, tidak luntur (bahannya yang berwarna) dan kualitasnya bagus. Sedangkan tipe printing memakai tinta, jadi ada keungkinan luntur. Tentu saja saya pilih yang yang decal daripada harus repot mengganti kalau luntur.

8.     Poster

Rencananya kami akan membuat poster berisikan quote-quote motivasi. Selain art print, poster ini juga berfungsi sebagai penghias ruangan. Harganya mulai dari Rp 80.750 per buah.

9.      Throw pillow

Kami tertarik untuk  menyediakan throw pillow karena kami ingin menyediakan sofa dan juga ruang lesehan di bagian rak-rak buku. Throw pillow tentunya akan membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di sana. Throw Pillow merupakan salah satu jenis bantal kecil yang biasanya ditempatkan di atas sofa atau kursi. Juga dapat berfungsi sebagai penghias ruang tamu.

Throw pillow dari Custom Bagus bahannya nyaman dan mudah dibersihkan. Bahan yang paling populer untuk pembuatan bantal / throw pillow. Tekstur bahan yang lembut dan lentur, dibuat dari kombinasi polyester dengan spandex.

10.  Mug bunglon

Sebagai kedai kekinian yang menyediakan kopi sebagai teman ngobrol, bekerja, atau membaca buku, kami tentu sangat mengikuti tren pasar. Mug Bunglon adalah tempat minum unik yang dapat berubah warna dan memunculkan tulisan atau gambar aslinya apabila diisi dengan air hangat/panas.  Harganya Rp. 77.900 di Custom Bagus.



11.   Perlengkapan promosi

Pada waktu-waktu tertentu, tentunya kami mengadakan event perayaan, promosi, atau kerjasama dengan pihak lain. Kalender bisa jadi produk promosi yang tepat guna sekaligus bermanfaat bagi pelanggan. Bahan yang kami pilih adalah bahan art carton merupakan bahan yang paling sering digunakan karena menampilkan kesan lux dan eksklusif, serta mempunyai respon warna yang paling cerah. Harga cetak kalender meja art carton 210 gram ukuran 16x21 cm full color dua sisi dengan finishing spiral dan laminating doff  hanya Rp. 14.250 per buah.

Belajar dari kedai-kedai yang sudah eksis, kami juga pengen jualan merchandise. Merchandise ini selain untuk gaya-gayaan, identitas dan promosi juga turut berkampanye gaya hidup ramah lingkungan dengan membawa minum dari rumah. Yap, apalagi kalau bukan tumbler. Tumbler dengan kualitas bagus tentu yang kami pilih, harganya Rp. 42.750. ada lagi merchandise berupa Fresco Stainless Bottle yang merupakan tempat minum yang cocok digunakan untuk membawa dan menyimpan minuman. Harganya Rp. 58.900. Muraaahhh! Bandingin aja dengan yang dijual oleh Si Tukang Donat. LOL.


Seperti yang udah saya ceritain di atas, kami sangat mendukung gaya hidup ramah lingkungan. Maka kami juga menyediakan tote bag. Selama ini kami menggunakan tote bag berbahan blacu sebagai bonus untuk pembelanjaan buku  dengan nominal minimal Rp. 500.000 dan roasted coffee bean dua kilogram. Tapi kami berpikir juga untuk menjual tote bag sebagai merchandise yang berbahan blacu. Harganya cukup Rp 18.050 dengan pemesanan minimal 100 pcs di Custom Bagus.

Kelengkapan promosi lain yang nggak kalah penting adalah kartu nama. Sebelumnya kami mendesain sendiri kartu nama, kemudian mencetaknya dengan kualitas yang sangat rendah. Di Custom Bagus kami menemukan harga yang bagus untuk kartu nama emboss tanpa laminating seharga Rp. 142.500 per box.  Kalau kartu namanya bagus kan jadi lebih prestisius. Betul apa betul?



Senangnya kalau semua barang-barang di atas bisa dipesan di satu tempat sekaligus. Pertama, supaya irit ongkos karena tinggal pesan online. Kedua, irit ongkir. Di tempat lain mungkin irit karena pasti hitungannya kirim banyak lebih murah. Dan di Custom Bagus, BEBAS ONGKIR! Pesanan saya kan pastinya lebih dari Rp. 3 juta #narihulahula. Ketiga, free desain, selain irit juga jadi lebih seragam. Jadi kualitas barang-barang yang kami pakai nggak timpang. Begitu juga dengan penampakannya, pasti lebih sempurna karena dibuat oleh satu produsen yang sama. Keempat, kami sebenarnya berharap diskon lebih. LOL. Belum tau sih kalo beli semua barang-barang custom itu bisa dapat diskon atau enggak dari Custom Bagus. Kalo diskonnya lumayan kan nanti bisa nambah lagi daftar barang yang mau di pesan. Soalnya masih ada beberapa barang yang duduk di bangku cadangan. Menyesuaikan budget, cuiy!

See, dunia usaha saat ini semakin maju dengan berkembangnya ide-ide kreatif pengusaha Indonesia. Mau nggak mau kita harus mengikuti. Tapi jangan sampai keteteran. Untuk promosi aja ada beragam produk yang bisa di custom sehingga image kedai Vito Book n’ Coffee ini nanti akan semakin tersemat di benak para pelanggan. Belum lagi promosi via media sosial dan satu teknik promosi yang masih sangat dan paling ampuh hingga kini, by people. Jadi semacam ketok tular yang disampaikan oleh pelanggan kepada orang lain. Baik melalui lisan, media sosial mereka, maupun melalui merchandise kedai yang dibawa-bawa oleh pelanggan.

Last but not least, tulisan ini mengajak para pembaca untuk berdoa agar kedai ini segera terwujud. Sekali lagi, kalau ada diantara kalian yang berniat tulus ingin jadi investor, kami sangat terbuka. Karena kepercayaan adalah kuci, kami nggak akan pernah menyia-nyiakan kepercayaan yang Anda berikan. ;)
Lomba Blog: Inovasi Produk Bersama CustomBagus

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<