Wednesday, May 18, 2016

CARA MENDAPATKAN SURAT KETERANGAN BEBAS NARKOBA

Sekarang ini kayaknya beberapa instansi kayaknya udah pengen praktisnya aja dengan menyaratkan Surat Bebas Narkoba bagi para calon pegawainya. Begitu juga dengan kampus. Adik saya yang baru mau masuk kuliah semester depan harus ribet ngurus surat ini-itu. Salah satunya ya Surat Bebas Narkoba ini. Padahal jaman saya dulu, tes bebas narkoba dilakukan secara massal oleh kampus. Jadi kalau kita sudah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa oleh kampus tersebut, nanti akan ada tes bebas narkoba. Tapi katanya ini kebijakan kampus masing-masing, apakah mereka menyaratkan SK Bebas Narkoba atau malah menyediakan tes mandiri.










Di Lampung, hanya ada beberapa instansi yang melayani pembuatan Surat Bebas Narkoba yang saya tau. Di antaranya adalah Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (tarifnya konon Rp. 2++.000, entah benar atau enggak nih), Rumah Sakit DKT (lupa lagi berapa tarifnya), UPTD Balai Laboratorium Kesehatan (Labkes) (Rp. 140.000), dan RS Bhayangkara (Rp. 150.000). Saya sendiri belum tau apakah BNN menyediakan tes bebas narkoba untuk umum atau enggak. Soalnya sempat ada wacana kalo BNN hanya melakukan tes untuk kepentingan tertentu.
 



Saya memilih mengambil tes di RS Bhayangkara untuk keperluan mendaftar sebagai dosen karena tarifnya yang masuk akal. Di sini kita bisa mendapatkan Surat Bebas Narkoba dan sekaligus Surat Keterangan Sehat dengan tarif Rp. 180.000. Worth enough kaaaannn?! Soalnya kalau di Labkes nggak ada tes kesehatan, Tes Kesehatan di RSUDAM Rp. 52.000 dan RS DKT Rp. 50.000. Kalau mau murah lagi sih di Puskesmas. Katanya cuma Rp. 20.000, tapi saya kan pengen simpelnya aja jadi biar sekalian tesnya di RS Bhayangkara. Sekalian nyobain biar puas. *anaknya suka penasaran*

Tes Bebas Narkoba dan Kesehatan di RS Bhayangkara Polda Lampung

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari kawan yang pernah tes di sini, kita harus menyediakan spare waktu dua jam untuk menunggu sampai suratnya jadi. Tapi kenyataan kan nggak selalu manis, masih jauh lebih manis es dawet yang saya minum dalam kondisi di perut sedang ada perhelatan jazz sewaktu di RS Bhayangkara kemarin.

Oke, jadi yang harus disiapkan adalah:
1. Foto 3x4 atau 4x6 1 lembar
2. FC KTP 1 Lembar
3. Membayar Rp. 180.000

Pertama, kita harus melakukan pendaftaran dilakukan di loket seperti biasa, setelah itu melakukan pembayaran di kasir dengan membawa berkas dari loket pendaftaran. Setelah itu, kedua, kita menuju ke poli umum untuk bisa dites kesehatannya. Jangan berpikir terlalu tinggi setinggi bintang di angkasa, kita cuma akan ditimbang massa tubuhnya, lalu diukur tinggi badannya, kemudian diukur tensi darahnya. Udah gitu aja.

Ketiga, kita harus menyerahkan berkas dari loket pendaftaran dan poli umum ke ruang laboratorium. Dari sini nanti nama kita akan dipanggil. Keempat, setelah nama kita dipanggil, kita akan diberi pot urine alias wadah untuk naruh pipis haha... I mean air seni. Lalu kita diarahkan menuju ruang forensik di bagian belakang RS ini. Kelima, trust me bahwa ini adalah tahapan yang paling menguras emosi jiwa dan raga, menunggu.

Dari ruang Forensik, saya diarahkan oleh petugas yang sedang asyik makan mie ayam untuk menunggu di laboratorium. Tentu sebagai seorang yang patuh, penurut, dan baik hati, saya menunggu di bangku tunggu depan laboratorium . Setelah menunggu hampir dua jam, nama saya nggak juga dipanggil. Akhirnya saya berinisiatif bertanya ke ruang laboratorium perihal surat saya yang tak kunjung tiba. Guess what's the answer? "Nanti dipanggil di ruang forensik mbak, jadi mbak ke ruang forensik aja! Tapi sekarang istirahat, nanti jam satu jadinya" Pleaseeeeeee... itu jam dua belas kurang tujuh menit.



Ruang Forensik
Dan FYI, ruang forensik ini terletak di area RS Bhayangkara yang paling belakang. Saya terseok-seok menuju ke sana. 

"Suratnya belum jadi, Mbak. Dokternya belum ada," kata Si Mbak yang tadi makan mi ayam tanpa bagi-bagi ke saya.

"Terus jadinya jam berapa mbak kira-kira?" tanya saya dengan nada merdu merayu.

"Kira-kira jam satu, Mbak. Dokternya belum ada," jawab Si Mbaknya lagi

"Ummm... ini kantor buka sampe jam berapa? pengen saya tinggalin dulu, Mbak. Soalnya lama," saya mulai kesal.

"Sampe jam dua aja sih, Mbak," saya lemas.

Fix. Berarti saya nggak bisa kabur jauh-jauh. Daripada tanggung balik lagi di tengah sinar matahari yang lagi obral dan polusi. Oh no! Better stay there and be calm!

Dan setelah saya menunggu dengan wajah kuyu, sang dokter yang dimaksud belum juga datang. Akhirnya saya makan somay dan minum es dawet untuk menambah energi. Pas saya balik lagi ke ruang forensik, surat belum juga kelar. Dan antrian semakin panjang. Sempat ada petugas yang bilang kalau suratnya kemungkinan jadi sekitar jam satu lewat. Dan bener banget ternyata, sang surat belum juga  siap walau udah jam 13.58 WIB. Ternyata suratnya jadi sekitar jam 13.60 WIB. Saya langsung sumringah dan pura-pura melupakan segala lelah jiwa raga.

Abaikan jas saya yang keliatan minjem banget!

RS Bhayangkara Polda Lampung
Jl. Pramuka No. 88, Rajabasa, Bandar Lampung
Jam operasional: 07.00-15.00 WIB 
 
Tes Bebas Narkoba di Labkes

Pengalaman nongkrong berjam-jam di RS Bhayangkara tanpa bisa makan dan minum di dalam gedung karena enggak tega banget sama kondisi sanitasinya, akhirnya saya kapok, sodara-sodara. Saya memang mengambil tes lebih dulu karena ada deadline pengiriman aplikasi yang saya kejar di hari itu. Maklumlah, jobseeker. Akhirnya keesokan harinya saya membawa adik saya untuk 'menjajal' tes di Labkes.



Karena pengalaman saya sebelumnya, saya jadi agak perfeksionis dalam menyiapkan syarat-syarat tes untuk adik saya. Saya sampai tanya ke grup WA Emak Blogger yang super baik tiada tara dan berpengalaman. dari sana saya tau kalau syarat untuk tes itu bergantung pada institusi masing-masing. Bahkan ada juga Puskesmas yang melayani tes bebas narkoba.So, perlu banget tuh dicari tau apakah fasilitas kesehatan di lokasi kawan-kawan menyediakan tes bebas narkoba atau enggak.

Tapi saya kan anaknya ngeyel. Pagi-pagi banget saya udah meluncur dan nangkring di tempat nyetak foto. Adik saya nggak punya foto, jadi harus nyetak dulu. Terus saya fotokopi Kartu Pelajarnya karena dia belum punya KTP. Dan ternyata, untuk melakukan tes kita cukup nyerahin identitas untuk dipinjam sebentar sama petugasnya, terus bayar. Foto sama FC identitas nggak kepake. -_____- Terus nunggu dikasih pot urine, pipis, nunggu lagi. Selesai. #UdahGituAja

Sampai di sana... sepi. Saya pikir saya salah. Nggak taunya emang kami lagi beruntung karena setelah adik saya masuk ke ruang pengambilan sampel, jadi rame yang dateng. Remaja-remaja gemas yang mau pada kuliah gitu deh kayaknya. Kami mendaftar sekitar jam 10, dan petugas menjanjikan surat akan selesai jam 12.30 WIB. Dan itu tepat waktu banget.

Bentuknya gini doang

Ruangan tunggunya bersih, adem, ada bunga sebagai penghias ruangan. Ada hiasan yang membuat ruangan tampak manusiawi. Ada juga tivi dan bahan bacaan. Jadi nenek-nenek yang lagi nunggu di sana juga nggak bakalan bosan. Terbukti ada seorang nenek yang asyik mengomentari berita di tivi. -_____-




Shortly, pelayanan di Labkes ini oke bangetlah. Petugasnya juga baik-baik. Satpamnya juga. Selain tes bebas Narkoba, di sini juga menyedikan bermacam-macam tes kesehatan dengan tarif terpampang di papan.

UPTD Lab. Kesehatan
Jl. dr. Sam Ratulangi No. 103, Penengahan, Bandar Lampung
(Samping UTDC PMI/Jalan belakang RSUDAM) 
(0721) 701455-702147

Update:

1. Surat Bebas Narkoba di Rumah Sakit Jiwa

 Saya ternyata harus mengambil tes bebas narkoba dan kesehatan lagi karena untuk kepentingan kontrak kerja, saya harus mendapatkan surat itu dari rumah sakit minimal tipe C. Sedangkan Rumah Sakit Bhayangkara adalah rumah sakit tipe D. Dan saya nggak mempertimbangkan itu. Soalnya CPNS aja bisa pakai surat dari RS Bhayangkara.


Saya akhirnya mengambil tes di Rumah Sakit Jiwa, harganya Rp. 150.000. Di sana cukup menyerahkan fotokopi KTP atau SIM. Surat kesehatannya Rp. 25.000.

Update 6 Mei 2017

2. Surat Keterangan Bebas Narkoba BNN

Beberapa calon mahasiswa mendapatkan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari BBN. Ternyata sekarang BNN sudah bisa mengeluarkan SKBN lagi. Dulu sempat nggak bisa seperti yang saya bilang sebelumnya. Biayanya Rp. 150.000. Kantor BNN ada di Way Halim, Bandar Lampung.

3. Surat Keterangan bebas Narkoba Graha Husada

Rumah Sakit yang melayani pembuatan SKBN di Bandar Lampung salah satunya Grha Husada yang terletak di Jalan Gajah Mada. Biayanya Rp. 350.000.   
    
Masih bingung mau minta Surat Keterangan Bebas Narkoba Dimana? Saya udah memberikan clue-nya, loh. Selamat berburu masa depan untuk kalian. Best luck!

 




23 comments:

  1. waah udah lama banget sy ngurus surat kayak gini...dulu kayaknya lebih ringkas ya mekanismemnya..
    btw mba kok font hurufnya kecil2 banget yay pdhal aku buka di PC yg screennya lebar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nggak tau ini, nggak bisa dibenerin juga :(

      Klo mekanisme itu kayaknya bergantung pada instansinya Mbak Ophi :)

      Delete
    2. Jasa Cleaning Service RUMAH DIJUAL BANDAR LAMPUNGJasa Cleaning Service RUMAH DIJUAL BANDAR LAMPUNGbroker properti lampung RUMAH DIJUAL BANDAR LAMPUNGevent organizer bandar lampung RUMAH DIJUAL BANDAR LAMPUNG

      Delete
  2. cocok , biasanya dibutuhkan saat mau melamar pekerjaan
    OBAT BATUK ANAK HERBAL

    ReplyDelete
  3. Mbak, di RS Jiwa, prosesnya cepat juga nggak.. Kayaknya kesimpulannya mending ke RS Jiwa ya ??

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mending ke sana. Kekurangannya ya cuma belum ada fotokopian. kalo soal pelayanan mah lebih oke, apalagi harganya :D

      Delete
  5. Update info mbak : saya hari ini baru buat sepaket surat di RS Bhayangkara, kamis 17 November 2016. Rinciannya : Surat bebas narkoba Rp.265.000,- Surat keterangan sehat Rp.30.000,- #Terkejut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kok bisa? ������ Tapi ada tanda terimanya mas? RS Bhayangkara tipe D, mending ke RS Jiwa aja yg tipe C.

      Delete
    2. padahal niatan mau kesini kalo skrg berapa ya? btw mba rinda kalau di labkesda lampung bisa gak? dn berapa hrganya? lagi survei cari yg murah nih dimintanya dari instansi pemerintah

      Delete
  6. Rumah sakit jiwa sebalah mana?
    Kemiling?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari kemiling, lurus ke arah pringsewu. Lokasinya di Kurungan Nyawa, sekitar aekilo dr kemiling

      Delete
  7. Maaf mba dirumah sakit jiwa berapa lama ya buat skbn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak lama, paling nunggu sejam atau dua jam

      Delete
  8. Aku pikir daerah rumahku, taunya jauh banget :3

    Salam,
    Pink

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poliklinik juga banyak yg bisa kok, asal boleh sama syarat instansi/kampusnya

      Delete
  9. Mba mau nanya, kalo di rs jiwa tarifnya brp ya buat tahun 2017? Apakah masih sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih sama di awal tahun kemarin, nggak tau sekarang

      Delete
  10. mba kalau hari minggu bisa tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya tutup karena itu libur ya instansinya. Kalau sabtu bisa.

      Delete
  11. Mbaa di labkes biayanya brpa ya mba?bisa 1 hr lgsg jadi ya?

    ReplyDelete
  12. Terimakasih mbak, infonya sangat membantu, kebetulan saya lagi bingung. Jadi di RSJ bisa ngurus surat keterangan sehat jasmani, rohani, sama bebas narkoba mba?

    ReplyDelete
  13. min.... itu SKBN yang pake materai ya?

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<