Saturday, February 25, 2017

Langit Musik, Toko Musik Komplit dalam Genggaman


Ada nggak sih orang yang nggak suka mendengarkan musik? Kayaknya semua orang pasti suka. Apalagi menurut hasil penelitian, mendengarkan musik bisa membuat tubuh kita mengeluarkan hormon dopamine yang bisa bikin kita hepi terus. Nggak heran kalau terapi musik banyak digunakan untuk pengobatan seperti stress, menyiapkan kualitas janin di dalam kandungan, sampai pengobatan untuk kasus psikis dan fisik. Musik alfamatik juga dipercaya mampu menguatkan kinerja otak kita. Dan karena musik juga kita bisa selalu berpikiran positif. Dengarkan musik sesuai kebutuhan juga. Makanya, jangan kebanyakan mendengarkan lagu galau kalau emang butuh suasana ceria, fellas.

Sejak runtuhnya masa kejayaan kaset pita, hal yang paling sering dilakukan anak muda ngehits (kayak saya) di kala itu adalah men-download lagu-lagu dari web-web gratisan. Yang mana itu adalah bagian dari tindakan dosa pembajakan. Sedih juga sih harus membajak, cuma ya gimana lagi. Setelah kaset pita yang harganya emang udah melejit enggak ada lagi, saya harus beli lagu di dunia maya yang harganya juga nggak lebih murah. Anak SMP-SMA suruh beli gituan, mending buat konkow kaaaan?!


Sekarang udah mulai banyak provider yang menyediakan lagu-lagu secara online. Bisa didownload atau sekedar didengarkan secara gratis. Ini seperti mengamini kebutuhan hiburan digital sebagai lifestyle kaum-kaum fakir pulsa seperti saya. Sekarang juga situs-situs download gratisan udah mulai jarang, kalau pun ada pasti prosesnya suka ribet. Justru diarahkan kesana-kesini, download ini-itu dulu dan berujung zonk. Nggak dapat lagu apa-apa. #failed

Nah, kenapa nggak mendengarkan musik secara legal aja. Toh ada juga yang free, contohnya Langit Musik. Setelah tau saya bisa mengakses lagu terkini sampai terlampau via ponsel, saya mulai tertarik. Apalagi dikasih kemudahan dengan gratisan atau berlangganan dengan harga wajar.

PT Telekomunikasi Seluler alias Telkomsel, operator telekomunikasi yang mengelola aplikasi musik digital LangitMusik, menyediakan koleksi lagu yang menjangkau setiap segmen serta fitur-fitur pelengkap untuk menarik minat konsumen. Fitur dan koleksi lagu di LangitMusik sekarang ini semakin dilengkapi agar bisa memenuhi tuntutan konsumen. Kerasa banget kalau aplikasi ini terus menyempurnakan layanan untuk memperkaya customer experience dalam menggunakan aplikasi ini, dan tentu saja memperkaya katalog musik di dalamnya hingga enam juta lagu saat ini. WOW.

Telkomsel juga keliatan banget terus mengembangkan fitur-fiturnya untuk meningkatkan pengalaman pelangganya menikmati musik. Kalau yang saya baca dari majalah bisnis SWA, sampai sekarang LangitMusik dan MelOn adalah pemain terbesar di industri musik online Indonesia. Apalagi menjelang Hari Musik Nasion yang jatuh setiap tanggal 9 Maret, Langit Musik makin berjaya dan membuat semakin banyak orang dipermudah dalam mengakses musik secara legal.

Menginstal Aplikasi Langit Musik

Dengan segala kemudahannya, Langit Musik bisa diunduh gratis dan memasang aplikasinya di Google Play, Apple App Store dan Windows Phone Store atau via komputer melalui situs http://langitmusik.co.id. pelanggan bisa bebas melakukan streaming dan mendownload seluruh lagu di katalog LangitMusik dengan koleksi lebih dari 6.000.000 lagu lokal dan internasional. Asiknya lagi, di aplikasi ini bukan cuma ada lagu-lagu mainstream aja tapi juga lagu-lagu baru, back catalogue dan lagu-lagu indie.

Pada fitur baru Versi 4.0.2 yang baru ada untuk Android 7.0, pelanggan kayak kita bisa lebih mudah mendengarkan lagu offline. Kemudahan lain juga didapat kalau mau sign up dengan tampilan lirik dan menu yang lebih elegan dan baru. Untuk membershipnya, kita bisa pilih mau yang freemium atau premium. Kalo orang Sunda mah belibet ini pasti ngomongnya. LOL.

Kalau freemium kita nggak kena tarif meski tetap harus sign up, tapi nggak bisa mendengarkan musik secara offline. Seperti kebanyakan layanan gratis lainnya, suka ada iklan kartu halo setiap beberapa lagu. Menurut saya sih nggak masalah. Nggak terlalu mengganggu kok iklannya juga. Kalau membership premium, kita akan dikenai tarif Rp 6.600/7 Hari atau Rp 22.000/30 Hari (Include PPN 10%) tanpa ada gangguan iklan dan bebas mendengarkan musik secara offline tanpa batas. Untuk percobaan, saya coba berlangganan selama 7 hari. Takut kuciwa (padahal mah fakir pulsa). LOL. 


Saya kan sesekali sering berada di the lost world yang jangankan sinyal internet, listrik sama rumah aja nggak ada. Jadi saya butuh bisa download dan mendengarkan musik secara offline, maka saya berniat memperpanjang masa langganan. Kan asik kalo nyanyi-nyanyi di hutan sambil diiringi tonggeret. #MusikkanHidupmu #BiarNggakEdan adalah tagline saya.

Aplikasi LangitMusik nggak akan memotong kuota data pelanggan. Kalau kita pakai data internet dari Telkomsel, kita bisa free dengerin musik online. Kalau pun internetnya pakai wifi nggak akan makan terlalu banyak kuota. Tapi kalau pengin buat playlist dan bisa didengerin offline harus langganan. Tarif langganannya juga murce, jadi nggak akan bikin kantong jebol.

Toko musik dalam genggaman ini punya fitur yang beragam. Diantaranya daftar putar (playlist) sesuai lagu favorit kita, membagi lagu, membuat playlist di media sosial serta memainkan lagu dengan mode offline. Jadi kita bisa pilih fiturnya sesuai dengan kebutuhan.

Explore

Di explore ini ada menu For You dan Browse yang ada pilihan New Release untuk seluruh negara (All), Indonesia, dan International.



Menu For You berisi Playlist Pilihan, Rekomendasi Lagu, New Releases, serta Popular Track. Didalam menu ini, kita bisa menemukan Rekomendasi Playlist dengan berbagai Genre yang dibuat khusus oleh Pelanggan dan LangitMusik. Dimana Playlist tersebut bisa difollow oleh pelanggan lainnya untuk menerima Update terbaru.

Asiknya aplikasi ini adalah saya nggak perlu menyediakan space storage di ponsel. Jadi kita bisa akses streaming lagu yang menghemat ruang penyimpanan ponsel atau gadget lainnya, karena musik disimpan di cloud. Untuk tau lagu-lagu New Release, TOP Hitz, Trending Artis, MOOD & Genre kita bisa menuju ke menu Browse. Selain itu kita juga bisa langsung search lagu, artis atau album.

Inilah fitur menarik lainnya di LangitMusik, playlist disesuikan dengan jenis musik, mood atau tema yang lagi happening. Kalo weekend ya temanya biasanya berhubungan sama liburan, kalo hari panas ya yang summer-summer gitu. Nggak cuma itu, pelanggan bisa membuat playlist sendiri dan membagikannya melalui media sosial. LangitMusik juga dilengkapi dengan fitur lirik, jadi nggak perlu nebak-nebak lirik apalagi takut salah pengucapan. LOL. Ini penting banget buat saya, biasanya saya akan cepet-cepet searching lirik lagu yang baru saya kenal. Apalagi kalau lagunya pakai bahasa asing. Sebelnya kadang-kadang suka ada lirik yang salah, sama halnya kalau lagi karaokean di tempat karaoke keluarga gitu, suka salah-salah video sama lirik nggak nyambung. #curhat

#Tagstation

Zaman SMA saya dan kawan-kawan suka beli atensi, satunya gopekan. Nah, kalo sekarang atensinya bisa cuma dari sosmed atau SMS. Kurang seru dan nggak greget. Tapi mendengarkan radio selain berbunga-bunganya hati saya karena curhatannya dibacain adalah kadang-kadang suka dikasih surprise lagu yang nggak diduga-duga. Malah kadang bisa ada lagu yang melempar saya ke masa lalu. Nah, asiknya mendengarkan radio itu bisa juga kita dapatkan di Langit Musik lewat fitur #tagstation.


Fitur #Tagstation ini cukup spesial di aplikasi new Langit Musik karena mirip radio. Gini, di fitur ini ada berbagai pilihan tema seperti #bahagia, #surprise, #love, #semangatpagi, #peaceandjoy, dan lain-lain. Saya pilih #peaceandjoy buat ngademin hati di  tengah panasnya timeline. Lagu pertama yang diputar adalah Ride-nya Twenty One Pilots. Lagu-lagu  selanjutnya ya nggak tau apa karena ini kan semacam dengerin radio. Full of surprise.

Trending

Menu ini berisi daftar lagu Top Hitz di seluruh Indonesia. Ada juga trending tiap pulau, bahkan tiap provinsi. Kalau mau tau trending dari suatu daerah, tinggal klik lokasi daerah itu di peta. Itung-itung belajar peta buta juga loh. Dengan mengetahui trending dari tiap daerah gini, industri musik jadi bisa membaca selera konsumen. Tapi harus dikaitkan juga dengan berapa populasi yang menikmati musik tertentu di daerah itu. Jadi tetep nggak bisa digeneralisasi bahwa semua orang Lampung suka Iwan Fals untuk saat ini.


My Music

Fitur ini berisi Songs, Albums, dan Playlist. Berapa lagu yang sedang dimainkan dan apa aja ada di sini. Ini jadi semacam catatan harian kamu tentang lagu-lagu yang paling sering jadi soundtrack of your life. 


Notification

Menu ini berisi berbagai update dari artis atau teman yang kita follow. Kita juga bisa dapat shre tentang promo atau playlist baru yang wajib kita pilih. Ya dari namanya aja udah ketahuan kalau ini adalah kotak pemberitahuan. Di dalamannya ada pilihan untuk Shared With Me” agar teman-teman bisa share juga playlist mereka.

LangitMusik yang sudah serupa oasis di gurun pasir yang tandus akan hiburan ini didirikan oleh PT MelOn Indonesia (MI) sejak 2013 untuk mengembangkan bisnis musik digital. Bedanya dengan MelOn, layanan berlangganan Langit Musik hanya tersedia bagi pengguna operator Telkomsel. Kalau nggak berlangganan Telkomsel, pengguna hanya bisa menikmati beberapa musik tertentu. Cuma kalo saya pikir lagu-lagu yang ada di playlist Langit Musik suka diulang-ulang. Mungkin juga karena selera orang kebanyakan. Tapi jadi terkesan lagu itu lagi itu lagi, ketemu di sana-sini. Selain itu di beberapa playlist ada lagu yang nggak sinkron. Misalnya di playlist yang harusnya bahagia malah sedih. Atau di playlist rindu malah putusan. Jadi kayaknya tim Langit Musik harus lebih berhati-hati dan riset lagi meski sekarang juga udah oke banget.

Sekarang kan kaset pita udah nggak booming lagi. Bahkan compact disc juga udah semakin left behind. Saya jadi nggak perlu nabung-nabung lagi sekedar buat beli kaset penyanyi idola dan kemana-mana bawa walkman. So yesterday banget yaaaa. LOL. Apalagi kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan musik digital didukung jaringan berkualitas dengan lebih dari 124.000 base transceiver station (BTS), termasuk lebih dari 5.200 eNode B (BTS 4G), yang tersebar di seluruh Indonesia. Mendengarkan LangitMusik dengan Fitur Dolby Audio membuat jutaan lagu favorit bisa didengarkan dengan kualitas yang sangat baik. Grafik Equalizer yang juga bisa kita atur di menu setting membuat layanan ini jadi semacam toko musik pribadi dalam genggaman yang jadi musiknya hidupku.



 


2 comments:

  1. Wuih kaset pitaaaa, aku masih ngalamin pakai kaset pita sampai SMP hahahak. Serunya pakai langit musik! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa. Abis igu kasetnya digulung pake pensil. Bisa nggulung kaset sambil joget. Ah, masa lalu

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<