Tuesday, March 7, 2017

Yuk, Liburan Ke Bogor!


Hasil gambar untuk bogor
Foto: Hello Pet



Berdasarkan data dari wikipedia, Kota Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Dahulu luasnya 21,56 km², namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km² dan jumlah penduduknya 1.030.720 jiwa (2014). Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Kota Bogor terdiri atas 6 Kecamatan yang dibagi lagi atas sejumlah 68 Kelurahan. Pada masa Kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (pengucapan: boit'n-zôrkh", bœit'-) yang berarti "tanpa kecemasan" atau "aman tenteram". Nggak heran orang Ibu kota suka datang ke sini kalo liburan.


Bogor disebut juga sebagai kota hujan. Hal ini lantaran hampir hampir setiap hari kota ini diguyur hujan. Persentase nya dalam setahun adalah 70%. Mengutip lagi dari wikipedia bahwa kemiringan Kota Bogor berkisar antara 0–15% dan sebagian kecil daerahnya mempunyai kemiringan antara 15–30%. Jenis tanah hampir di seluruh wilayah adalah latosol coklat kemerahan dengan kedalaman efektif tanah lebih dari 90 cm dan tekstur tanah yang halus serta bersifat agak peka terhadap erosi. Bogor terletak pada kaki Gunung Salak dan Gunung Gede sehingga sangat kaya akan hujan orografi. Angin laut dari Laut Jawa yang membawa banyak uap air masuk ke pedalaman dan naik secara mendadak di wilayah Bogor sehingga uap air langsung terkondensasi dan menjadi hujan.

Jika bicara tentang wisata, Bogor juga menjadi salah satu tujuan wisata yang keren. Apalagi untuk yang tinggal di daerah Jakarta, Bekasi dan Jawa Barat lainnya, Bogor merupakan salah satu tujuan utama wisata di kala musim liburan. Dan yang paling terkenal adalah Puncak. Kawasan Puncak menjadi destinasi wisata yang paling umum bagi sebagian warga Jakarta dan Jawa barat lain nya. Ada banyak destinasi wisata di kota Bogor yang patut di jadikan tujuan untuk liburan. Berikut 4 destinasi wisata yang ada di kota Bogor.

1.      Taman Safari

Berlokasi di kawasan puncak, tepat nya di Cisarua dan menjadi salah satu faktor kemacetan di kawasan puncak apabila musim liburan tiba. Taman safari didirikan pada tahun 1980, dengan eluas 50 hektar dan merupakan Taman Safari pertama yang ada di Indonesia. Dan saat ini, Taman Safari telah diperluas hingga 168 hektar dan sekarang dilengkapi dengan banyak wahana rekreasi serta fasilitas pendidikan. 

Hasil gambar untuk bogor, taman safari
Foto: bogor.tamansafari.com
Jika kalian suka dengan sesuatu yang menantang, Taman Safari menawarkan Paket safari malam, di mana kalian dapat melihat kehidupan hewan di malam hari, juga termasuk hewan-hewan buas yang mungkin selama ini kalian hanya bisa lihat di televisi atau youtube.

2.     Little Venice

Little Venice terletak di kota bunga (masih kawasan puncak). Little Venice adalah danau buatan yang sengaja dirancang dengan arsitektur mirip Kota Venesia di Italia. Di sini kalian bisa mencoba berbagai permainan seru, dari sepeda anak-anak sampai wahana gondola yang bisa kalian dayung sendiri. Tapi jika kalian malas mendayung sendiri, bisa juga minta petugas untuk mendayung gondola, dan kalian tinggal duduk sambil menikmati pemandangan. Ada juga wahana lain yang tak kalah keren adalah Mississippi Boat Ride yaitu perahu dengan tema western.

Hasil gambar untuk bogor, little venice
Foto: Hello Bogor

Pengin banget datang ke sini. Itung-itung pemanasan sebelum ke Venice beneran. Bisa kali ya, nanti ngajakin HB main ke sini. Catatannya pasti bukan pas hari libur.

3.     Hutan Pinus Gunung Pancar

Beranjak ke daerah Sentul Selatan kalian akan menemukan hutan pinus yang bila kalian berada disana sepintas akan membuat kalian lupa kalau sedang berada di Indonesia. Berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, Taman Wisata Alam Gunung Pancar menyuguhkan suasana hutan dengan banyak pohon pinus yang ramping dan menjulang tinggi dan memberi kesan romantis. Oleh karena itu tempat ini sering menjadi lokasi pemotretan pre-wedding.

Hasil gambar untuk bogor, hutan pinus gunung pancar
Foto: Hello Bogor

Kayaknya tempat semacam ini lagi happening dimana-mana. Di Bogor, di Bandung, di Jogja, bahkan di Lampung walau lebih terkenal kebun karet daripada pinusnya. Berada di kebun kayak gini berasa lagi kencan sama Abang Edward Cullen. Terus terbang dari dahan ke dahan. LOL.

4.     The Jungle Waterpark

Di kota bogor ini ada taman rekreasi air yang cocok untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga. The Jungle Waterpark hadir dengan banyak wahana air yang patut di coba. Contohnya Kiddy Pool, tempat bermain anak-anak, yang lengkap dengan pistol air, dan juga ada perosotan melingkar.  Yang paling keren mungkin adalah kolam arus Lazy River yang memiliki panjang 400 meter. Lazy River mengelilingi akuarium raksasa yang berisi ikan langka. Ada juga Leisure Pool, tempat di mana pengunjung bisa berendam sambil menyantap makanan lezat di tengah kolam.

Hasil gambar untuk bogor, the jungle waterpark
Foto: The Jungle Water Park

Setelah puas menikmati libur di kota Bogor, saat nya kalian memilih penginapan. Untuk urusan penginapan kalian bisa mencari nya secara online di Travelio. Karena di Travelio kalian bisa dengan mudah mendapatkan penginapan di kota Bogor. Kalian bisa klik disini jika ingin melihat daftar penginapan sekitar kota Bogor. 


No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<