Saturday, June 17, 2017

[REVIEW] Buku Penanganan Limbah Industri Peternakan




Judul              : Penanganan Limbah Industri Peternakan
Penulis          : Suharjono Triatmojo, Yuny Erwanto, Nanung Agus Fitriyanti
Korektor        : Ratna
Desain Sampul: endi
Tata Letak     : Imamah
Penerbit        : Gadjah Mada University Press
Ukuran          : 15,5 x 23 cm
Jumlah Halaman : xiv +192
ISBN               : 978-602-386-122-4
Cetakan         : Pertama Oktober 2016
Harga             : Rp. 62.000


“ ....kesadaran masyarakat masih rendah untuk mengolah dan menangani limbah tersebut sehingga tumpukan limbah di sekitar kandang atau industri peternakan masih tinggi.”

Sinopsis

Limbah merupakan hasil buangan atau sisa dari kegiatan manusia maupun ternak yang sudah tidak terpakai. Limbah yang dihasilkan dari usaha peternakan akhir-akhir ini menjadi permasalahan di masyarakat karena jumlahnya melampaui batas dan tidak terkendali. Limbah tersebut berasal dari sisa pembuangan pakan, kotoran ternak, air bekas pencucian ternak, dan lain sebagainya. Limbah yang dihasilkan terdiri dari limbah padat, cair, dan gas. Limbah padat di antaranya seperti feses, sisa pakan, kulit, tulang, lemak, dan lain-lain. Limbah cair di antaranya urine, air yang digunakan baik untuk minum maupun untuk pembersih kandang. Limbah berupa gas terdiri dari amonia, sulfur, metan, dan H2S. Limbah-limbah ini jika dibiarkan begitu saja akan menimbulkan potensi pencemaran lingkungan yang dapat mengganggu masyarakat. 

Limbah ternak khususnya mengandung bahan organik yang tinggi dan cocok untuk perkembangbiakan bakteri baik aerob maupun anaerob. Penanganan terhadap limbah yang dihasilkan oleh ternak ini perlu dilakukan upaya sedini mungkin untuk meminimalisasi potensi pencemaran lingkungan yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan masyarakat. Sebenarnya jika ditangani secara serius, limbah peternakan memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi bahan yang berguna baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun pertanian. Hanya saja, kesadaran masyarakat masih rendah untuk mengolah dan menangani limbah tersebut sehingga tumpukan limbah di sekitar kandang atau industri peternakan masih tinggi.

Buku Tipis Tapi Kritis

Buku ini terbilang tipis. Saya menapatkan buku ini dari teman blogger yang sekaligus pegawai di UGM. Awalnya saya bikir buku ini hanya berisi teori-teori pengelolaan limba yang aplikatif bagi masyarakat. Ternyata, lebih dari itu penulis buku ini juga berbagi tentang segalanya yang dirangkum dengan sangat singkat dalam bahasa yang sangat mudah dipahami. Dari covernya pun terlihat sederhana namun elegan dengan perpaduan wana dominan cokelat dan putih dengan huruf dan gambar yang tercetak dengan jelas.

Buku yang ditulis oleh tiga orang dosen dari Fakultas Peternakan UGM ini menyejikan materi bagia siapapun yang tertarik dengan masalah penanganan limbah peternakan. Saya katakan siapapun karena dari segi penyajian, buku ini cukup menarik dengan memberikan gambar-gambar yang jelas meski hanya hitam putih. Selain itu penulis tidak menggunakan bahasa akademis yang terlalu tinggi sehingga pelajar dan masyarakat umum pun saya pikir bisa memahaminya.



Buku ini membahas banyak hal yang terbagi kedalam 14 bab. Bab 1 berisi pendahuluan, Bab 2 membahas produksi dan karakteristik limbah ternak, Bab 3 membahas perlakuan fisik, kimia, dan biologi limbah peternakan, Bab 4 membahas prinsip dasar penanganan limbah peternakan, Bab 5 membahas manajemen bau dan gas, Bab 6 membahas penanganan limbah cair secara aerobik, anaerobik, dan fakultatif, Bab 7 membahas penanganan limbah padat, Bab 8 membahas digesti anaerob dan metanogenesis limbah ternak, Bab 9 membahas produksi biogas, Bab 10 membahas teknologi pengomposan limbah padat, Bab 11 membahas studi penelitian terkini terkait manajemen pengolahan limbah industri peternakan, Bab 12 membahas pupuk organik granul, Bab 13 membahas pupuk organik cair, dan Bab 14 membahas strategi menghilangkan amonia dari kotoran ternak.

Membaca buku ini seperti membaca intisari dari jurnal-jurnal penelitian terkait. Di daftar pustaka, dicantumkan lengkap semua sumbernya sehingga kita bisa berselancar lebih jauh jika mengharapkan informasi yang lebih menyeluruh. Tapi apalah kurangnya lagi dari sebuah buku yang secara gamblang memaparkan tentang metode pengelolaan limbah, dibandingkan dengan kita harus mendownload jurnal-jurnal, menunggu, menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, apalgi terkadang jurnal itu berbayar. buku ini sangat layak untuk dimiliki bahkan bisa jadi acuan untuk saya mengajar mata kuliah pengelolaan limbah kelak. dari semua metode yang disajikan, pilihan pun kembali kepada kita. Pembaca punya masalah limbah peternakan dengan karakteristik seperti apa, lalu mau diapakan, output yang diharapkan seperti apa, rekayasa proses dan petunjuk metodenya ada di sini.

Satu hal yang mungkin perlu dituliskan oleh para dosen ini, atau penulis lain adalah pembahasan tentang masalah teknoekonominya. Bagaimana pertimbangan kita harus mengambil keputusan untuk mengelola limbah dengan metode tertentu dari segi tekno-ekonomi yang pastinya sangat dipertimbangkan oleh pihak industri. Selain itu penting juga untuk pembaca mengetahui tentang regulasi dan bagaimana law enforcement-nya. Di buku ini memang dipaparkan sedikit tentang regulasi, tentang baku mutu limbah peternakan, akan tetapi kalau penjelasan tentang ini bisa lebih diperdalam lagi pasti lebih baik. Tidak jarang, industri peternakan tega melakukan pembiayaran dan tidak melakukan pengelolaan dengan baik karena alasan entah apa. Nah, di sini peran masyarakat, NGOs, dan akademisi menjadi penting untuk memberikan fungsi kontrol dan menyumbangkan ide bagi pemerintah dan pelaku industri.

Penilaian    : ****/5

3 comments:

  1. Wah, sudah direview bukunya, Nda. Siiplah yes. Limbah, sampah, waste...apapun istilahnya, tidak bisa dibiarkan tidak terurus apalagi sampai mencemari lingkungan.

    Sukses selalu untuk (calon ibu) dosen cantik Rinda..selamat mengajar, selamat menularkan ide-ide baik kepada mahasiswa. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Aaakkkkkk jasamuuuu mbak phieeeeee 😘😘😘 matur nuwun

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<