Thursday, November 2, 2017

Jual Iphone 7 Murah di Toko Online? Hati-hati Iphone Refurbished!


Foto: Bukalapak



Konon katanya Iphone merupakan salah satu jenis smartphone yang paling canggih diantara yang canggih-canggih. Bisa dilihat sendiri iphone mempunyai harga standar yang lebih tinggi dari pada jenis smartphone lainnya. Apalagi Iphone 7 yang belum lama ini keluar, harganya masih belasan juta rupiah lebih di Indonesia. Jadi bagi Anda yang pernah menemukan orang yang jual iphone 7 murah (link ke ) perlu dipastikan terlebih dahulu kondisi barang tersebut. Bisa jadi barang tersebut merupakan refurbished atau mungkin bekas dan juga terdapat beberapa kerusakan parah dalam produknya.


Perlu diketahui bahwa refurbished itu merupakan barang yang telah mengalami kerusakan atau cacat sebelumnya dan kemudian di reparasi akhirnya dijual kembali. Sebenarnya bukan hanya Iphone saja yang mempunyai status tersebut, banyak barang elektronik lainnya yang merupakan produk refurbished. Untuk menemukan barang yang seperti apa yang termasuk kategori itu cukup mudah, karena banyak sekali toko online yang hanya menawarkan iphone status refurbished. Berikut ini beberapa cara mengenali apakah iphone tersebut termasuk barang bekas reparasian atau tidak yaitu:

  1. Harga.
Untuk pertama kali tentu dari harga, akan banyak perbedaan yang bisa dilihat dari produk asli atau produk yang bekas reparasi. Bahkan harga yang ditawarkan jauh dibawah harga normal, misalnya harga Iphone 7 normal itu masih 17 juta rupiah karena itu merupakan barang refurbished nilainya bisa menjadi hanya 9 juta atau kurang dari 10 juta. Lebih dari setengah harga sendiri perbedaan dari keduanya. Makanya pahami terlebih dahulu jika ada yang menawarkan barang baru tetapi harga sangat murah dibawah normal.

  1. Box iphone.
Selain harga jual Iphone 7 murah lalu ada cara kedua Anda bisa mengenali dari box yang digunakan, terkadang orang tidak pernah memikirkan hal sekecil ini. Tetapi padahal hal ini bisa menjadi ciri khusus, jika barang itu ori atau normal tentu akan menggunakan box putih yang disertai dengan gambar Iphone tersebut didalamnya. Tetapi jika itu merupakan barang Refurbished umumnya menggunakan kotak warna putih atau kecoklatan polos yang dilengkapi dengan tulisan “Apple Certified”. Dengan melihat box yang digunakan Anda sudah dapat membedakan.

  1. Garansi.
Lalu dari garansi yang diberikan juga bisa dibedakan, sebenarnya baik itu produk normal atau produk refurbished sama-sama mendapatkan garansi dari Iphone. Tetapi pada kenyataannya pembeli Iphone produk hasil reparasi hanya akan mendapatkan garansi toko atau malah tidak akan diberikan garansi sama sekali. Jadi sangat rawan jika Anda membeli pasa situs jual beli online yang tidak bisa dipastikan keberadaan penjual tersebut.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat membedakan antara produk normal ataupun produk cacat yang dijual ulang. Sementara dari fisik ataupun software yang digunakan akan sangat sulit dibedakan dari keduanya. Begitu pula nomor seri dari Apple, karena mereka tidak menandai secara khusus serial number untuk iphone refurbished dan juga Iphone non refurbished. Makanya secara kasat mata dan saat digunakan tidak bisa dipastikan dengan baik.

Sebenarnya sama-sama bisa digunakan tetapi dari pada kamu beli Iphone 7 refurbished lebih baik membeli secara second. Tetapi tentunya harus diperhatikan juga Iphone yang benar-benar masih layak pakai. Walaupun sama-sama tidak mempunyai garansi tetapi setidaknya barang bukanlah produk yang pernah di reparasi sebelumnya. Jadi intinya jangan hanya tergiur dari orang yang jual Iphone 7 murah diberbagai toko konvensional ataupun toko online.

2 comments:

  1. Untuk sementara, cukup di iPhone 6 dulu deh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Nanti juga minta adek itu iphonenya

      Delete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<