Tuesday, November 14, 2017

Tips Menjadi Pengusaha Sukses di Umur Muda




Banyak hal yang bisa dilakukan selagi muda, termasuk menjadi pengusaha sukses. Saat ini, dunia usaha tak hanya diminati oleh para orang dewasa, tetapi juga anak muda. Beberapa generasi milenial saat ini memang banyak yang mulai berminat masuk ke dunia bisnis. Bahkan, tak jarang dari mereka yang telah sukses di umur mudanya. Untuk menjadi pengusaha muda yang sukses, segalanya adalah tentang niat, usaha, dan kerja keras. Disamping itu, modal dan pengetahuan tentang dunia bisnis menjadi hal lain yang menunjang kamu bisa menjadi pengusaha sukses di masa muda.


Siapa bilang menjadi pengusaha muda yang sukses harus memiliki modal yang banyak terlebih dahulu? Untuk menjadi pengusaha muda, modal bukanlah menjadi halangan untuk memulai bisnis. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan modal usaha. Kamu bisa mulai dengan patungan bisnis bersama teman, meminjam uang dari bank, atau melalui kredit cepat online. Dengan begitu, kamu bisa memulai usaha tanpa perlu mempersiapkan modal yang berlimpah. Simak ulasan berikut tentang bagaimana cara menjadi pengusaha sukses di usia muda.

1.         Kuatkan Niat dan Tekat

Hal penting yang harus dimiliki saat ingin menjadi wirausaha adalah niat dan tekat yang kuat. Sebelum memulai bisnis, kuatkanlah tekat berbisnis yang kamu miliki. Niat dan tekat yang kuat nantinya akan mengarah kepada konsistensi kamu dalam menjalankan usaha. Tanpa niat yang kuat, bisnis kamu bisa saja berenti di tengah jalan karena kamu sudah tidak punya niat untuk melanjutkannya.

2. Tentukan Jenis Bisnis

Saat ingin memasuki dunia bisnis, kamu tentunya akan dihadapi dengan pilihan bisnis yang akan kamu jalani. Tentukanlah pilihan kamu apakah kamu ingin menjalani bisnis kuliner, clothing, properti, atau lainnya. Fokuskan diri di satu pilihan yang sangat kamu minati. Selain itu, pilihlah bisnis yang sangat berpeluang.

Untuk saat ini, bisnis kuliner menjadi bisnis yang memiliki peluang paling banyak selain bisnis clothing. Di usia muda, bisnis kuliner dan clothing menjadi dua hal yang paling cocok untuk kamu jalani. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menjalani bisnis yang lainnya. Bisnis kuliner dan clothing sangat cocok dengan generasi muda. Jadi, kamu bisa lebih tahu kuliner atau model clothing apa yang diinginkan anak muda zaman sekarang.

3. Jangan Takut Tidak Punya Modal

Modal memang sering sekali menjadi halangan seseorang dalam berbisnis, apalagi anak muda. Mungkin kamu berpikir anak muda yang memiliki bisnis pasti berasal dari keluarga berada, sehingga mampu untuk membuka bisnis. Pemikiran tersebut tentunya salah! Semua orang sebenarnya bisa menjadi pengusaha muda, tapi itu semua tergantung kemauan kamu. Modal saat ini seharusnya bukan lagi menjadi penghalang besar. Banyak sekali perusahaan dan bank yang menerima pinjaman modal untuk usaha. Kamu pun juga bisa menggunakan kredit uang- pinjaman24.

Selain melakukan peminjaman, kamu juga bisa mengajak beberapa teman kamu untuk menjadi partner bisnis kamu. Tapi, dalam berbisnis sebaiknya ajaklah 1-2 partner saja. Pasalnya, memiliki partner bisnis dalam jumlah besar bisa membuat bisnis kamu menjadi kurang fokus. Selain itu, keuntungan yang didapat untuk masing-masing pihak menjadi tidak terlalu besar. Dalam memilih partner bisnis, sebaiknya pilihlah orang yang bisa kamu ajak kerja sama. Memilih partner yang memiliki satu visi misi dan mau bekerja keras tentunya akan membuat bisnis kamu cepat berhasil.

4. Pikirkan Inovasi Baru

Anak muda biasanya akan penuh dengan inovasi-inovasi yang baru dan ide cemerlang. Agar bisnis kamu tidak terlalu mainstream, cobalah untuk membuka bisnis dengan inovasi dan ide baru. Mulailah dengan memikirkan tentang bisnis apa yang belum pernah dilakukan. Apakah bisnis ini akan sangat dibutuhkan orang banyak? Bisnis dengan inovasi dan ide yang berbeda tentunya akan membuat orang penasaran.

5. Buat Catatan & Tabel Rencana

Jika sudah memulai berbisnis, buatlah tabel rencana dari bisnis yang kamu jalani. Catat selalu pemasukan serta pengeluaran bisnis setiap harinya. Selain itu, buat juga tabel rencana yang berisi rencana bisnis kamu kedepannya. Buatlah daftar hal apa saja yang ingin kamu capai untuk bisnis kamu nantinya.

6.  Jangan Mudah Menyerah

Dalam menjalani bisnis, kamu pastinya akan bertemu dengan berbagai masalah baik masalah internal maupun eksternal. Setiap bisnis pastinya akan mengalami kenaikan dan kemunduran. Saat bisnis kamu berada di bawah, tetaplah ingat niat awal kamu berbisnis dan jangan mudah menyerah. Dibalik bisnis yang berhasil selalu ada orang-orang yang pantang menyerah dan terus bekerja keras.

7.  Jangan Malu

Satu hal yang pasti sering dirasakan para pebisnis awal adalah malu untuk memulai. Biasanya ada sedikit gengsi yang muncul saat memulai berbisnis. Contohnya jika kamu ingin membuka usaha kuliner, ada saat dimana kamu malu melayani kostumer kamu yang ternyata teman kamu sendiri. Hal-hal malu lainnya pun juga sering muncul dari lingkungan dekat kita. Malu karena omongan dan kritik orang lain juga tentunya akan sering datang di awal berbisnis. Sebagian orang mungkin akan menyayangkan gelar yang kamu dapat tidak digunakan untuk bekerja di kantor ternama, dan kritik lainnya.

Saat mendapat kritik dan omongan yang membuat kamu malu, janganlah langsung mundur untuk tidak meneruskan bisnis. Malu merupakan hal yang wajar kamu rasakan. Hampir semua pebisnis juga mengalami hal yang serupa. Tapi, mereka tidak menjadikan rasa malu itu halangan, melainkan menjadikannya motivasi untuk maju.

8. Lakukan Pemasaran Bisnis Dengan Benar

Kegiatan pemasaran menjadi hal yang penting dalam berbisnis. Jika bisnis kamu ingin dikenal banyak orang dan memiliki banyak konsumen, maka kamu harus lakukan pemasaran dengan benar. Tidak perlu melakukan pemasaran yang wah dengan memasang billboard atau iklan di majalah. Cukup gunakan sosial media kamu untuk kegiatan pemasaran.

Sosial media saat ini menjadi cara terampuh untuk memasarkan bisnis kamu. Gunakan seluruh media yang kamu punya mulai dari faceboo, twitter, path, hingga instagram untuk ajang promosi bisnis. Jangan lupa minta tolong kepada teman-teman kamu untuk mempromosikannya di sosial media mereka. Hal ini tentunya menjadi cara promosi yang efektif dan efisien. Selain itu, tentukan juga siapa target utama dari bisnis kamu. Jika target kamu remaja atau anak muda, kamu bisa buat beberapa pamflet atau brosur untuk dibagikan di kampus atau sekolah-sekolah.


Nah, itulah beberapa tips untuk memulai bisnis di usia mudah. Saat ini, untuk menjadi pengusaha mudah tidaklah harus memiliki banyak modal. Kunci utama berbisnis adalah niat yang kuat, dan berani mengambil peluang. Dalam berbisnis, kerja keras dan pantang menyerah merupakan dua hal yang harus dimiliki. Jika semua hal tersebut sudah kamu miliki, maka bisnis kamu tentunya akan terus stabil atau bahkan meningkat.

2 comments:

  1. makasih mba tips nya suka banget. supaya bisa menginspirasi orang banyak yah mba

    ReplyDelete
  2. Terimakasi untuk tipsnya. Tekad itu yang perlu dipupuk

    ReplyDelete

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<