Wednesday, November 1, 2017

Where To Go While In Lampung Utara, Indonesia



Again, saya katakan bahwa Lampung Utara belum terlalu dilirik sebagai destinasi wisata. Tapi sekarang mereka sukah mulai bergeliat. Mereka berbenah mulai dari infrastruktur sampai ke fasilitas objek wisata bahkan promosinya.

Untuk mencapai Kota Bumi, ibukota Kabupaten Lampung Utara, kita bisa melaluinya dengan dua moda transportasi. Bisa pakai kereta api atau bus umum, atau bahkan yaa kendaraan pribadi. Suka-suka situ deh. Keberadaan moda transportasi murah meriah ini juga sebenarnya mendukung banget agar Lampung Utara layak dikunjungi dan masuk daftar antrian lokasi untuk dikunjungi.

Hanya dengan modal Rp. 10.000 kamu sudah bisa mencapai Kota Bumi dari Bandar Lampung menggunakan kereta api. Dengan perjalanan selama kurang lebih tiga jam, perjalanan kamu akan lebih menyenangkan dengan moda ini. Bisa juga kamu memilih menggunakan bus yang membelah jalan lintas tengah. Untul bus tarifnya sekitar Rp. 25.000 - Rp. 35.000 bergantung kelasnya. Ekonomi atau AC. Bahkan ada juga travel dengan tarif Rp. 50.000 antar-jemput door to door. Nah loh, kurang apa lgi coba?

Selama di Lampung Utara, banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Di antaranya sebagai berikut.

1. Wisata Kuliner


Kota Bumi menyediakan banyak spot kuliner dengan menu yang sangat bervariasi. Kamu bisa menemukan banyak warung-warung dengan menu andalan olahan ikan air tawar di sini. Misalnya pindang atau pepes. Ya, memanglah kuliner untuk di Lampung ini kan nggak terlalu beda jauh dengan di Sumatera Selatan.


2. Taman Sahabat


Taman yang masih dalam proses penyelesaian rwnovasi ini letaknya nggak jauh dari Stasiun Kota Bumi. Dengan adanya patung naga dan kereta kencana di tengahnya taman ini nampak sangat megah terlihat dan mewah. Ada pohon-pohon besar dengan jajanan lengkap di sekitarnya. Taman ini juga menjadi ruang terbuka hijau sekaligus ruang publik dengan fasilitas wifi berkecepatan tinggi.

2. Taman Payan Mas


Tugu Payan Mas adalah semacam icon di Kota Bumi. Tugu ini terletak di bundaran di tengah-tengah jalan raya kota. Di sini terdapat landmark Kota Bumi Bettah yang juga tersedia aneka jenis food street buat anak muda yang sering konkow di sini. Di sini juga ada wifi loh.

3. Taman Pemda

Seperti layaknya di kota-kota kebanyakan, lokasi Pemda kerap menjadi arena publik untuk bercengkrama. Di taman ini terdapat wifi juga dan pepohonan rindang yang membuat kita betah berlama-lama.

4. Wisata Alam Abung River Tubing


Objek ini berada di Desa Tanjung Baru di Kexamatan Bukit Kemuning. Perjalanan akan ditempuh selama satu jam ke arah Lampung Barat menuju Bukit Kemuning. Dengan trek jalan anderlagh sejauh kurang lebih satu kilometer masuk ke perkampungan menuju lokasi tubing. Lokasi ini cocok banget buat kamu yang ingin menjajal keberanian dengan wisata petualangan. Jangan khawatir karena semuanya aman lengkap dengan instruktur dan fasilitas keselamatan. Untuk menuju kesini kamu bisa naik bus Jurusan Kasui atau Liwa dari Bandae Lampung atau pun Kota Bumi. Turunnya tepat di Basecamp Abung River Tubing.

Baca juga:  Abung River Tubing, Destinasi Wisata Baru untuk Menguji Nyali Kamu

5. Air Terjun Podomoro


Air terjun ini terletak di Kecamatan Abung Pekurun. Ditempuh dari Kotabumi sekitar satu jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Untuk menuju air terjun ini kamu harus melewati jalan aspal sempit menaiki bukit. Tapi jalannya sudah bagus kok. Don't worry. Air terjun ini baru akan dikelola secara intensif oleh pemerintah setempat. Air terjun yang debitnya cukup stabil dan bersahabat ini berada si tengah-tengah kopi dan durian milik warga. Pas banget kalau kamu mau camping di sini sewaktu kopi mulai berbunga dan musim durian. Amboooyyyyyy.

6. Bendungan Way Rarem

Foto: Izzah Annisa

Ini adalah bendungan buatan yang udah ada sejak jaman dulu kala. Fungsinya untuk irigasi dan sumber energi untuk Penbangkit Liatrik Tenaga Air. Fungsi lainnya tentu saha untuk menghidupi wagaranya. Dengan menjadikannya objek wisata kuliner dan wisata alam, sampai memasang keramba untuk membudidayakan ikan air tawar untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat lokal. Di sini kita juga bisa makan ikan yang ditangkap langsung dari keramba di sekitar. Nggak heran kalau ikannya juga juicy dan segar banget.
Itu adalah beberapa lokasi wisata yang sempat kami kunjungi. Meski pun belum terlalu populer sebagai destinasi wisata, nyatanya Lampung Utara sudah berbenah. Bahkan mereka sudah aware dengan penyediaan ruang publik dan ruang terbuka hijau. Di Bandar Lampung kita sampai berkonflik yaaa untuk penyediaan Ruang Terbuka Hijau yang masih kurang dari 11% dari kewajiban pemerintah sebanyak 30% targetnya menurut aturan perundangan. Ya, semoga Bandar Lampung juga daerah lainnya segera berbenah. Biar kalau janjian dengan kawan atau kumpul komunutas nggak melulu di kafe yakan?

1 comment:

Terimakasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar, ya>.<