Ini Syarat, Cara dan Fasilitas Tabunganku BCA yang Murah dan Mudah

Tabunganku BCA
Cara Membuka Tabunganku BCA Murah dan Mudah

Dahulu manusia sudah terbiasa dengan menyimpan bahan makanan pada saat musim panen dimana hasil pangan melimpah agar nanti di saat musim paceklik tiba mereka masih bisa melangsungkan kehidupan mereka tanpa kekurangan makanan.

Kini kegiatan menyimpan pun masih dilakukan oleh manusia. Tetapi bedanya adalah manusia tidak hanya menyimpan bahan makanan tetapi juga menyimpan berbagai barang yang dianggap penting dalam kehidupannya. Salah satunya adalah menyimpan uang.

Kegiatan menyimpan uang telah mengalami perkembangan yang semula adalah menyimpan di rumah menjadi menabung di suatu tempat yang disebut bank. Menabung uang adalah salah satu kegiatan yang kini menjadi trend dan sudah merupakan hal penting bahkan juga menjadi suatu prestise.

Salah satu bank di Indonesia yang telah banyak dipercaya oleh para nasabahnya adalah Bank Central Asia atau disingkat dengan BCA. Sebelum dibahas mengenai produk-produk tabungan dan pinjam uang yang ada di BCA, ada baiknya mengetahui info sekilas tentang BCA.

Sekilas tentang BCA

BCA berdiri sejak tahun 1957 dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia no.42855/ U.M.II tertanggal 14 Maret 1957 sebagai perihal ijin melakukan usaha bank. Kantor Pusat BCA berada di Menara BCA, Grand Indonesia, Jl. MH Thamrin No. 1, Jakarta.

Kini BCA telah memiliki 16 juta rekening nasabah dengan 1.225 kantor cabang, dan telah memiliki 17.314 mesin ATM juga telah memiliki lebih dari 460 ribu mesin EDC.

BCA mempunyai moto “Senantiasa di Sisi Anda” yang maksudnya adalah BCA selalu mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan keandalan dalam memberikan layanan finansial bagi seluruh nasabahnya.

Produk TabunganKu BCA

TabunganKu adalah salah satu jenis produk simpanan Bank BCA. Tabunganku adalah jenis tabungan yang dikhususkan untuk nasabah perorangan. Diterbitkan sejak 20 Februari 2010 pada 70 bank nasional dan pembangunan daerah di Indonesia, yang bertujuan untuk menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini merupakan program pemerintah yang diluncurkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kelebihan dan Kekurangan Produk TabunganKu BCA

Produk tabunganKu BCA memiliki keuntungan dan kekurangan, berikut penjelasan selengkapnya.

Keuntungan Produk TabunganKu BCA

Nasabah mendapatkan banyak keuntungan dari produk ini, yakni sebagai berikut.

  • Tidak harus berusia dewasa;
  • Setoran yang ringan, hanya Rp 20.000 untuk setoran awal dan Rp 10.000 untuk setoran selanjutnya;
  • Tidak dikenakan biaya administrasi bulanan;
  • Mendapatkan suku bunga sesuai dengan penempatan saldo tabungan; mendapatkan buku TabunganKu sebagai bukti kepemilikan dan fasilitas kartu TabunganKu untuk informasi saldo, tarik tunai, transfer dan penggantian PIN;
  • Pembuatan buku dan kartu ATM pertama maupun pengajuan ganti baru sama-sama tidak dipungut biaya;
  • Kartu ATM dapat digunakan di ATM BCA seluruh Indonesia dan memiliki limit penarikan tunai sebesar Rp 7.000.000 per hari.

Kekurangan TabunganKu BCA

Selain beberapa keuntungan di atas, nasabah juga memiliki keterbatasan ketika memiliki jenis tabungan ini yang penting untuk perlu diketahui yaitu sebagai berikut.

  • Hanya dalam mata uang Rupiah;
  • Hanya dapat dibuka oleh nasabah WNI dan perorangan;
  • Tidak dapat membuka rekening joint account;
  • Hanya dapat membuka 1 rekening, kecuali membuka rekening untuk mewakili kepentingan anak yang masih di bawah umur (perwalian);
  • Hanya dapat melakukan transaksi 4 kali debet per bulan, jika lebih akan dikenakan biaya;
  • Memiliki keterbatasan fitur yaitu setoran, tarik tunai, cek saldo dan transfer hanya dapat dilakukan di Kantor Cabang dan ATM BCA, tidak dapat di jaringan ATM Prima atau Cirrus;
  • Tidak dapat melakukan transaksi pada fasilitas e-banking; rekening menjadi tidak aktif apabila dalam waktu 6 bulan berturut-turut tidak ada transaksi apapun.

Syarat Membuka Rekening Tabunganku BCA

Bagi calon nasabah yang ingin membuka rekening TabunganKu BCA, persyaratannya adalah sebagai berikut:

Kelompok Umur Dokumen
Perorangan Usia Dewasa

(>17 tahun)

·  Membawa Identitas Diri Asli (KTP/SIM/Paspor)

·  Membawa NPWP (jika ada)

Perorangan Usia Belum Dewasa

dan Tidak Diwakili Orang Tua

(12 – 17 tahun)

·  Membawa Kartu Pelajar/Surat Keterangan dari Sekolah, jika tidak ada maka calon nasabah harus mengikuti ketentuan pembukaan rekening untuk usia < 12 tahun

·  Membawa Identitas Diri dari salah satu Orang Tua (KTP/SIM/Paspor)

·  Membawa NPWP dari salah satu Orang Tua (Jika Ada)

·  Membawa surat persetujuan dari salah satu Orang Tua untuk membuka rekening

·  Mengisi   Formulir Data Nasabah Perorangan (untuk data dari salah satu Orang Tua jika orang tua belum memiliki rekening di BCA)

Perorangan Usia Belum Dewasa yang Diwakili Orang Tua (salah satu Orang tua harus hadir)

(<12 tahun)

·  Membawa Akte Kelahiran Anak/Kartu Keluarga

·  Membawa Identitas Diri dari salah satu Orang Tua (KTP/SIM/Paspor)

·  Membawa NPWP dari salah satu Orang Tua (Jika Ada)

Catatan:

  • Bila nasabah akan membuka rekening TabunganKu BCA tanpa NPWP maka dipersilahkan mengisi Formulir Pernyataan Tidak Memiliki NPWP yang terdapat di kantor cabang bank BCA
  • Bila nasabah akan membuka rekening TabunganKu BCA dengan KTP dari luar kota maka dipersilahkan memberikan surat domisili daerah tempat tinggal nasabah atau surat keterangan bekerja dari perusahaan tempat bekerja nasabah.
  • Lebih baik bagi nasabah untuk memilih kantor cabang BCA yang sesuai dengan domisili KTP agar tidak perlu membawa dokumen syarat buka rekening BCA dengan KTP luar kota

Tata Cara Membuka Rekening TabunganKu BCA

Ketika calon nasabah ingin membuka rekening BCA, maka nasabah tersebut dapat melakukannya secara online via aplikasi KlikBCA  atau eBranch BCA maupun offline di kantor cabang. Tapi tidak semua jenis tabungan BCA bisa dibuka via online antara lain produk TabunganKu, Tahapan Gold, LAKU, dan Simpanan Pelajar.

Langkah-langkah dalam membuka rekening TabunganKu adalah sebagai berikut.

  • pertama, calon nasabah mendatangi kantor cabang BCA terdekat, kemudian mengambil nomor antrian untuk ke petugas CS.
  • Kedua, setelah nomor antrian dipanggil oleh petugas CS, nasabah mengatakan maksudnya untuk membuka rekening TabunganKu, lalu petugas CS akan memberitahukan persyaratan yang harus dipenuhi dan bila calon nasabah telah membawanya lengkap maka akang langsung disetujui oleh petugas CS untuk membuka rekening TabunganKu yang kemudia akan menjelaskan beberapa hal terkait rekening TabunganKu BCA.
  • Ketiga, petugas CS membuatkan buku tabungan dan kartu ATM TabunganKu untuk nasabah. Kemudian akan diminta untuk membuat PIN ATM sebanyak 6 digit, serta menandatangani buku tabungan, kartu ATM dan formulir permohonan. Setelah selesai menandatangani, artinya rekening TabunganKu BCA siap digunakan oleh nasabah sesuai kebutuhan.

Fasilitas kartu ATM TabunganKu BCA

 Jenis Transaksi  Besar Limit
Setoran Awal Minimal sebesar Rp 20.000
Setoran Selanjutnya Minimal sebesar Rp 10.000
Saldo Minimal Rp 20.000
Tarik Tunai Maksimal sebesar Rp 7.000.000/per hari dan saldo yang tersisa di rekening minimal Rp 20.000, kecuali nasabah melakukan penutupan rekening. (Minimal penarikan di kantor cabang sebesar Rp 100.000)
Transfer antar rekening BCA Maksimal sebesar Rp 25.000.000/per hari

Itulah informasi mengenai syarat, cara dan fasilitas TabunganKu BCA. Segera buka rekening di produk TabunganKu BCA sekarang juga. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *